Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Resmi Tunjuk Komjen Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 12 Januari 2021 13:36
Beredar sebuah artikel Presiden Joko Widodo telah resmi menunjuk Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz. Artikel ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook atas nama Mario Oktavianus Sinaga membagikan artikel ini pada 11 Januari 2020. Artikel diunggah oleh situs medianaganews.com.
 
Dalam isi artikelnya, informasi bersumber dari salah satu anggota DPR. Komjen Sigit Prabowo disebutkan menjadi calon tunggal Kapolri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Jokowi Resmi Tunjuk Komjen Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Presiden Joko Widodo telah resmi menunjuk Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri adalah salah. Faktanya, presiden hingga saat ini belum menunjuk satu nama untuk menjadi pucuk pimpinan Polri.
 
Dilansir dari republika.co.id, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan, nama calon kepala Polri yang beredar di media sekarang ini masih spekulasi. Dia menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memilih kepala Polri.
 
Hal itu dibuktikan dengan Presiden Jokowi belum mengirimkan nama untuk menggantikan Jenderal Idham Azis ke DPR.
 
"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih 'tebak-tebak buah nangka' alias spekulasi," kata Mahfud dalam akun Twitter @mohmahfudmd pada Selasa, 12 Januari 2020.
 
"Belum ada yang tahu siapa calon kapolri kita sebab presiden masih mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut,"kata Mahfud menambahkan.
 
[Cek Fakta] Jokowi Resmi Tunjuk Komjen Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru? Ini Faktanya
 
Dilansir medcom.id, sejauh ini ada lima nama calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis di kantong Presiden. Kompolnas merekomendasikan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Edy Pramono; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafly Amar; Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.
 
[Cek Fakta] Jokowi Resmi Tunjuk Komjen Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Presiden Joko Widodo telah resmi menunjuk Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri adalah salah. Faktanya, presiden hingga saat ini belum menunjuk satu nama untuk menjadi pucuk pimpinan Polri.
 
Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
[Cek Fakta] Jokowi Resmi Tunjuk Komjen Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/hukum/JKRAdE7k-jokowi-diharap-baca-rapor-calon-kapolri-dari-kpk-hingga-ditjen-pajak?utm_source=all&utm_medium=allfeed&utm_campaign=allpartnership
2.https://www.republika.co.id/berita/qmt1lr484/mahfud-presiden-jokowi-belum-tunjuk-nama-kepala-polri
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif