Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Penonton Bioskop Wajib Keluar Studio Tiap 30 Menit? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 21 Oktober 2020 19:03
Beredar sebuah narasi bahwa penonton bioskop diwajibkan keluar studio setiap 30 menit sekali. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Muhammad Awan Yusuf yang mengunggah sebuah tangkapan layar berisi narasi tersebut, 20 Oktober 2020. Berikut narasi selengkapnya:

“Bioskop XXI Kembali Dibuka, Penonton Wajib Keluar Studio Tiap Jeda 30 Menit untuk Hirup Udara Segar!.”


Narasi itu seolah judul artikel yang dimuat pada Senin 19 Oktober 2020 pukul 16.08 WIB. Akun ini juga memuat narasi lain.
 
“Ketatnya protokol kesehatan dalam menikmati tontonan bioskop, sudah mulai harus dibiasakan. Kalo tidak, penonton yang akan menanggung risikonya.
.
Yap, sejak bioskop XXI kembali dibuka pada Sabtu (17/10/2020) pekan lalu, penonton wajib mengikuti aturan baru menonton film layar lebar.
.
Protokol kesehatan yang wajib dijalankan adalah menggunakan masker selama berada di area bioskop dan menjaga jarak minimal 1,5 meter antarpenonton.
.
Tidak diperbolehkan makan dan minum selama film berlangsung. Dan bakal ada peringatan setiap 30-60 menit jeda film, penonton diharuskan keluar teater untuk menghirup udara segar yang baru. (*)
.
Sumber: hai.grid.id”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Penonton Bioskop Wajib Keluar Studio Tiap 30 Menit? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa penonton bioskop diwajibkan keluar studio setiap 30 menit sekali, adalah salah. Faktanya, pihak hai.grid.id telah memberikan klarifikasi.

“STOP PRESS: Setelah berita ini diterbitkan, kami mengklarifikasi kepada pihak-pihak terkait, dan mendapatkan informasi bahwa pernyataan setiap 30-60 menit jeda film penonton diharuskan keluar teater untuk menghirup udara segar TIDAK pernah dikeluarkan oleh Cinema XXI,” tulis hai.grid.id dalam laporannya yang kami kutip Rabu 21 Oktober 2020.


[Cek Fakta] Penonton Bioskop Wajib Keluar Studio Tiap 30 Menit? Ini Faktanya
 

Di sisi lain, pihak Cinema XXI belum bisa memastikan jadwal pembukaan bioskop di Jakarta. Pihak bioskop itu masih menunggu instruksi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Setelah mendapatkan instruksi terbaru, kami akan mempelajari regulasi lebih lanjut," kata Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol seperti dilansir Tempo.co, Selasa 20 Oktober 2020.


[Cek Fakta] Penonton Bioskop Wajib Keluar Studio Tiap 30 Menit? Ini Faktanya
 

Sementara itu, Disparekraf DKI Jakarta menyatakan bioskop di Jakarta diperbolehkan beroperasi pada saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Namun jam operasional teater dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.
 
Pengelola bioskop diminta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Di antaranya, para karyawan harus dilengkapi alat pelindung diri (APD), pengelola harus memastikan pengunjung memakai masker dan semua orang di area bioskop wajib menerapkan jaga jarak. Pun kapasitas penonton juga harus dibatasi.

"Maksimal kapasitas hanya 25 persen atau satu kursi diselingi dua kursi kosong," kata Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparekraf DKI, Bambang Ismadi seperti dilansir Medcom.id, Rabu 21 Oktober 2020.


 
[Cek Fakta] Penonton Bioskop Wajib Keluar Studio Tiap 30 Menit? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa penonton bioskop diwajibkan keluar studio setiap 30 menit sekali, adalah salah. Faktanya, pihak hai.grid.id telah memberikan klarifikasi.
 

Referensi:
https://hai.grid.id/read/072388962/bioskop-xxi-kembali-dibuka-penonton-wajib-keluar-studio-tiap-jeda-30-menit-untuk-hirup-udara-segar
https://bisnis.tempo.co/read/1397677/pembukaan-bioskop-cinema-xxi-masih-tunggu-instruksi-pemprov-dki
https://www.medcom.id/nasional/metro/akWLEYLK-operasional-bioskop-di-dki-dibatasi-hingga-pukul-20-00-wib
https://turnbackhoax.id/2020/10/21/salah-bioskop-xxi-kembali-dibuka-penonton-wajib-keluar-studio-tiap-jeda-30-menit-untuk-hirup-udara-segar/
https://archive.md/R6Ave
 

*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

[Cek Fakta] Penonton Bioskop Wajib Keluar Studio Tiap 30 Menit? Ini Faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif