Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Harga Vaksin Sinovac di Indonesia 1000% Lebih Mahal Daripada Brazil? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 Oktober 2020 14:09
Harga vaksin Sinovac di Indonesia dikabarkan 1000% lebih mahal daripada di Brazil. Informasi itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun Facebook Hai membagikan informasi itu pada Selasa, 13 Oktober 2020. Akun itu mengunggah tautan link artikel dari Harianaceh.co.id berjudul "Harga Vaksin China Sinovac Di Brazil Cuma Rp28.000, Kenapa Indonesia 300.000?" pada laman grup beranggotakan lebih dari 136 ribu akun.
 
Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahannya, bertuliskan sebagai berikut:


"Gila! 1000% lebih mahal di Indonesia harga vaksinya. Dikerjain lagi rakyat!"


Benarkah klaim bahwa harga vaksin Sinovac di Indonesia 1000% lebih mahal daripada di Brazil? Simak penelusurannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Benarkah Harga Vaksin Sinovac di Indonesia 1000% Lebih Mahal Daripada Brazil? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa harga vaksin Sinovac di Indonesia 1000% lebih mahal daripada di Brazil adalah salah. Informasi ini telah diklarifikasi oleh pihak Sinovac dan Bio Farma.
 
Pula, Isi artikel dariHarianaceh.co.idberjudul"Harga Vaksin China Sinovac Di Brazil Cuma Rp28.000, Kenapa Indonesia 300.000?",justru berisi klarifikasi Sinovac terkait harga vaksin di Brazil.
 
Dilansir Media Indonesia, melalui artikel berjudul "Bio Farma Hadirkan Vaksin dengan Harga Terjangkau" dimuat pada Rabu 14 Oktober 2020, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan pihaknya tidak akan memberatkan pemerintah dalam hal menentukan harga vaksin covid-19.
 
"Harganya kisaran Rp200 ribu. Kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin covid-19 dengan harga terjangkau untuk memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia," kata Honesti Basyir dalam keterangan resmi.
 
Hal itu disampaikan Honesti menanggapi pemberitaan yang menyatakan bahwa Sinovac sudah menanda tangani kontrak pengadaan vaksin dengan Brasil yang akan menjualnya seharga US$1,96 (Rp28.939) per dosis.
 
"Informasi harga vaksin covid-19 di Brasil telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak US$90 juta (sekitar Rp1,33 triliun) dengan pemerintah Brasil tidak tepat dan mengenai harga US$1,96 per dosis pun tidak tepat sebab pengirimannya saja tiap dosisnya, sekitar US$2 (Rp29,529) per dosis,” paparnya.
 
Menurut Honesti, pihak Sinovac menyampaikan ada beberapa faktor yang menentukan harga vaksin covid-19. Salah satu faktornya ialah tergantung pada investasi pada studi klinis fase 3, terutama dalam uji efikasi dalam skala besar. “Demikian juga dengan penentuan harga di Indonesia akan mengikuti prinsip-prinsip tersebut. “Dengan kata lain, skema pemberian harga vaksin covid-19 ini tidak dapat disamakan,” tambahnya.
 
Sementara itu, Produsen obat Pfizer yang berbasis di New York, AS, sedang memperluas uji coba vaksin covid-19 tahap akhir dengan menyertakan anak-anak berusia 12 tahun. Hal itu merupakan upaya untuk lebih memahami keamanan dan kemanjuran vaksin di lebih banyak kelompok usia. Perusahaan tersebut dalam situsnya Senin (12/10) mengatakan mereka telah mendapat izin dari Food and Drug Administration (FDA) untuk memasukkan remaja berusia antara 12 dan 15 tahun dalam studi vaksin covid-19 global.
 

[Cek Fakta] Benarkah Harga Vaksin Sinovac di Indonesia 1000% Lebih Mahal Daripada Brazil? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa harga vaksin Sinovac di Indonesia 1000% lebih mahal daripada di Brazil adalah salah. Informasi ini telah diklarifikasi oleh pihak Sinovac dan Bio Farma.
 
Informasi ini jenis hoaks False Connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
 

[Cek Fakta] Benarkah Harga Vaksin Sinovac di Indonesia 1000% Lebih Mahal Daripada Brazil? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://mediaindonesia.com/read/detail/352570-bio-farma-hadirkan-vaksin-dengan-harga-terjangkau
https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/9K55qnaK-wah-harga-vaksin-covid-19-dibanderol-rp200-ribu
https://archive.md/sCK5n
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif