Tangkapan layar pemberitaan palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Rizieq Shihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19? Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 09 Januari 2021 11:31
Beredar kabar yang menyebutkan HRS inisial yang kerap dirujukan pada Habib Rizieq Shihab, petinggi Front Pembela Islam (FPI) meninggal dunia. Disebukan, HRS meninggal di penjara karena covid-19.
 
Akun Facebook Dinda membagikan kabar itu pada sebuah laman grup INDONESIA BERSUARA yang memiliki anggota sebanyak 144 ribu akun, pada Kamis, 7 Januari 2021. Berikut narasi yang beredar:

"“Inalilahi wainailaihi rojiun
Telah meninggal..HRS..
Di dalam sel karna kena covid…”


Benarkah HRS inisial yang kerap dirujukan pada Habib Rizieq Shihab meninggal di penjara karena covid-19? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Rizieq Shihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19? Ini Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa HRS inisial yang kerap dirujukan pada Habib Rizieq Shihab meninggal di penjara karena covid-19 adalah salah. Faktanya, kondisi Rizieq Shihab dalam keadaan sehat. Dilansir Detik.com, melalui artikel berjudul "Polisi Sebut Kondisi Habib Rizieq di Rutan Saat Ini Normal" dimuat Kamis, 07 Januari 2021, Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jata AKBP Rahma mengatakan, kondisi kesehatan Rizieq Shihab, baik. Sebelumnya, Pengacara Sugito Atmo Pawiro menyebut Rizieq Shihab sempat sesak napas hingga membutuhkan tabung oksigen di malam pergantian tahun.
 
"(Kondisi kesehatan Habib Rizieq) normal, tiap hari kita periksa. Tekanan darahnya bagus 130/120 bagus, dia normal," kata Rahmat saat dihubungi, Kamis 7 Januari 2021.
 
Rahmat tidak menampik jika dikatakan pada malam tahun baru Habib Rizieq mengalami sesak napas. Pihaknya langsung memanggil dokter dari Biddokes Polda Metro Jaya untuk mengecek kondisi kesehatan Habib Rizieq.
 
"Sore merasa nggak enak badan terus kita panggil dokter masuk, dibantulah sama dokter oksigen, dia bilang dia mau oksigen dari rumahnya kan gitu," tuturnya.
 

[Cek Fakta] Rizieq Shihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19? Ini Cek Faktanya
 

Pula, dilansir Kompas.com, Rizieq Shihab dinyatakan negatif covid-19 berdasarkan hasil tes swab antigen covid-19 yang dilakukan sebelum ia diperiksa polisi Polda Metro Jaya pada Sabtu, 12 Desember 2020. Hal itu dijelaskan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.
 
"Negatif, sekarang sedang menjalankan pemeriksaan sebagai tersangka," ujar Yusri
 

[Cek Fakta] Rizieq Shihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19? Ini Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa HRS inisial yang kerap dirujukan pada Habib Rizieq Shihab meninggal di penjara karena covid-19 adalah salah. Faktanya, kondisi Rizieq Shihab dalam keadaan sehat.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Rizieq Shihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19? Ini Cek Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5325390/polisi-sebut-kondisi-habib-rizieq-di-rutan-saat-ini-normal/1
https://megapolitan.kompas.com/berita/12260101-rizieq-shihab-jalani-swab-antigen-sebelum-diperiksa-hasilnya-negatif?page=all
https://archive.md/qOXpN
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif