Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Video Penampakan Tol Laut Pertama di Indonesia? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 06 Januari 2020 15:44
Beredar sebuah video yang memperlihatkan seseorang tengah berdiri di samping jendela mobil. Pria berbaju kuning itu mengeluarkan badannya sambil berteriak sedang berada di tol laut.
 
Video itu diunggah oleh akun Twitter @P3nj3l4j4h_id pada Senin 6 Januari 2020. Terlihat pada video itu sebuah jalan tol dalam kondisi tergenang air. Pria itu mengatakan dirinya tengah melakukan uji coba tol laut pertama di Indonesia.
 
"Guys gue lagi di tol laut. Yang pasti hari ini uji coba tol laut pertama di Indonesia. Semoga ini mempermudah untuk pembangunan Indonesia selanjutnya. Jadi kalau mau bangun, dipikirin,".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Sejak diunggah, video berdurasi 21 detik itu telah ditonton 30 ribu kali, di-retweet 810 kali dan disukai 1,1 ribu kali.
[Cek Fakta] Video Penampakan Tol Laut Pertama di Indonesia? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim pria berbaju kuning itu tengah berada di tol laut adalah salah. Kami mengecek melalui street view di Google Map, ternyata video itu diambil saat pria itu melintas dari arah Tomang, Jakarta Barat, tepatnya di jalan tol Jakarta-Tangerang atau di sekitar seberang The Foodhall, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Tol Laut Pertama di Indonesia? Ini Faktanya
 

Dilansir Bisnis.com melalui artikel berjudul "DISKUSI TOL LAUT: Optimalisasi Kebijakan Untuk Stabilisasi Harga Barang Strategis", dimuat pada 31 Mei 2017, menjelaskan Tol Laut adalah konsep yang diperkenalkan Presiden Jokowi bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Selain hal itu, pemerataan harga Logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Tol Laut Pertama di Indonesia? Ini Faktanya
 

Seperti disitat Okezone.com pada Rabu 6 April 2016 saja, Presiden Jokowi telah meresmikan lima pelabuhan di Indonesia bagian Timur. Hal itu sebagai bukti pemerintah merealisasikan program tol laut. Kelima pelabuhan itu adalah Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Teor, dan Pelabuhan Wonreli.
 
"Sebesar dua per tiga Indonesia adalah air, sepertiga adalah daratan. Konsentrasi kita adalah air karena kita adalah kepulauan. Zaman dulu Majapahit besar karena memperhatikan laut, Sriwijaya juga besar karena tidak memunggungi laut," kata Jokowi.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Tol Laut Pertama di Indonesia? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa seorang pria sedang menguji coba tol laut pertama di Indonesia adalah salah. Faktanya, Tol Laut adalah konsep menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia untuk kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok, bukan merujuk pada kondisi jalan tol yang banjir seperti yang terlihat pada video tersebut.
 
Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

Referensi:
https://economy.okezone.com/berita/320-1355522/wujudkan-tol-laut-jokowi-resmikan-5-pelabuhan-indonesia-timur
https://ekonomi.bisnis.com/read/20170531/98/657901/diskusi-tol-laut-optimalisasi-kebijakan-untuk-stabilisasi-harga-barang-strategis
 

Sumber:
https://twitter.com/P3nj3l4j4h_id/status/1214026585277255680
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif