Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta] Viral Foto Sri Mulyani dan Suami Naik Sepeda Brompton Milik Pribadi

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 09 Desember 2019 13:45
Foto yang memperlihatkan Menteri Keuangan Sri Mulyani menaiki sepeda Brompton viral di media sosial. Warganet menghubungkan foto tersebut dengan kasus penyelundupan sepeda lipat mini Brompton dan motor gede Harley Davidson yang melibatkan Dirut PT Garuda Indonesia Ari Askhara.
 
Pemilik akun Twitter Iwan Sumule mengatakan Sri Mulyani memiliki sepeda pabrikan Inggris itu. Komentar itu diberikan saat Iwan Sumule saat menanggapi beria RMOL berjudul "Beredar Foto Sri Mulyani Dan Suami Naik Sepeda Brompton" yang tayang pada Jumat, 6 Desember 2019.
 
Berikut secara lengkap narasi yang ditulis Iwan Sumule:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
IBU menteri ini pembohong. Katanya ingin tahu rasanya naik sepeda lipat mini seharga 50 juta merk Brompton, ternyata IBU menteri punya. Bukan saja direksi Garuda. Selain BOHONG, patut diduga menkeu juga adalah pengguna barang2 selundupan?
 
Iya nggak sih?

 

[Cek Fakta] Viral Foto Sri Mulyani dan Suami Naik Sepeda <i>Brompton</i> Milik Pribadi
 

Penelusuran:
Setelah dilakukan penelusuran, klaim bahwa Menkeu Sri Mulyani memiliki sepeda Brompton adalah salah. Foto viral tersebut diambil pada 2007 pada acara Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).
 
Dilansir Kompas.com, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti memberikan klarifikasi atas foto viral tersebut.
 
"Foto tersebut diambil pada acara Sepeda Santai dalam rangkaian Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Tahun 2017," ujar Nufransa, Jumat 6 Desember 2019.
 
Nufransa menjelaskan bahwa sepeda yang dipakai oleh Sri Mulyani dan suami bukanlah sepeda milik pribadi, melainkan sepeda yang disediakan oleh panitia HORI 2017. "Kedua sepeda tersebut tidak dimiliki oleh Menkeu dan suami, tetapi disediakan oleh panitia HORI 2017," ujar Nufransa.
 
Sementara itu, terkait merek sepeda yang digunakan Sri Mulyani dan suami, Nufransa mengaku tidak begitu paham merek tersebut.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Menkeu Sri Mulyani memiliki sepeda Brompton adalah salah. Foto viral tersebut diambil pada 2007 pada acara Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).
 
Berita hoaks tersebut masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.kompas.com/tren/berita/060000265-viral-foto-sri-mulyani-diduga-naik-sepeda-brompton-ini-faktanya?page=all
https://ekbis.rmol.id/berita/412629-beredar-foto-sri-mulyani-dan-suami-naik-sepeda-brompton
 

Sumber:
https://twitter.com/IwanSumule_86/status/1202916900520394752
 

 

(WAN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif