Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Presiden Jokowi tidak Bangga kepada TNI? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 12 Mei 2020 13:29
Beredar narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bangga kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI).
 
"Jokowi itu tidak bangga kepada Tni. Karena pki komunis musuh Tni jadi tni jangan bangga punya penguasa sontoloyo," bunyi narasi yang beredar.
 
Narasi ini beredar di pesan berantai WhatsApp, Senin 11 Mei 2020. Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Tni bersama rakyat dan umat islam buat gasak pki komunis busuk ini rejim hatinya pada busuk. Jadi penguasa jendralnya meninggal mustinya diperintahkan oleh penguasa bendera setengah tiang. Ini malah meng bae. Segala kovid 19 yg kaga jelads diulang ulang di TV. Soalnya Tv itu corongnya rejim."
[Cek Fakta] Presiden Jokowi tidak Bangga kepada TNI? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bangga kepada Tentara Nasional Indonesia, adalah salah. Faktanya Presiden Jokowi bangga dan berterima kasih kepada TNI.
 
Dilansir Medcom.id, Presiden Jokowi berterima kasih kepada prajurit TNI. Hal itu disampaikan ketika Jokowi memimpin upacara parade dan defile peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI.
 
"Rakyat Indonesia selalu bangga pada saudara semua, yang selalu berada di baris terdepan, yang tak lelah menjaga kepentingan nasional," kata Jokowi seperti dilansir Medcom.id, Sabtu 5 Oktober 2019.
 
Jokowi menghargai seluruh pencapaian prajurit TNI. Jokowi menilai prajurit TNI sangat sigap membantu rakyat di wilayah bencana dan aktif menjaga keamanan pemilu serentak 2019.
 
Jokowi berharap prestasi ini terus dilanjutkan. Jokowi tak ingin unsur militer Indonesia terjebak ego sektoral karena dapat menghalangi sinergitas. Presiden juga meminta TNI turun ke bawah.
 
"Jaga kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Jokowi.
 

[Cek Fakta] Presiden Jokowi tidak Bangga kepada TNI? Ini Faktanya
 

Berikut artikel selengkapnya:
 
Jokowi: Terima Kasih TNI
 
Jakarta: Presiden Joko Widodo berterima kasih kepada prajurit TNI. Hal itu disampaikan ketika Jokowi memimpin upacara parade dan defile peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI.
 
"Rakyat Indonesia selalu bangga pada saudara semua, yang selalu berada di baris terdepan, yang tak lelah menjaga kepentingan nasional," kata Jokowi di Taxy Way Echo (Landasan Pacu) Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 5 Oktober 2019.
 
Mewakili seluruh bangsa Indonesia, Jokowi menyampaikan penghargaan kepada prajurit TNI yang mengemban amanat penting. Penghormatan tertinggi diberikan kepada mereka yang gugur saat menjalankan tugas.
 
"Kami juga memberi apresiasi yang tinggi pada TNI yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terkena bencana juga aktif menjaga keamanan pemilu serentak 2019," kata Jokowi.
 
Menurut dia, prestasi TNI harus terus dilanjutkan. Jokowi tak ingin unsur militer Indonesia terjebak ego sektoral karena dapat menghalangi sinergitas. Presiden juga meminta TNI turun ke bawah.
 
"Jaga kemanunggalan TNI dengan rakyat," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Peringatan HUT TNI kali ini mengangkat tema "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat". Dalam acara ini, Presiden didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanhto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna.
 
Sejumlah tokoh tampak memenuhi undangan. Mereka di antaranya Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.
 
Sebanyak 6.806 orang personel TNI terlibat dalam upacara ini. Mereka terdiri dari beberapa unsur di tiga matra TNI, termasuk Batalyon Upacara Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Batalyon Upacara Korps Pasukan Khas (Paskhas) dan Batalyon Upacara Badan Keamanan Laut (Bakamla).
 
Berbagai alat utama sistem pertahanan (alutsista) berjejer di lokasi upacara. Sebanyak 157 pesawat dari ketiga matra TNI juga dikerahkan di landasan pacu itu.

 
Selain itu, laman Inews.id melansir pidato lengkap Presiden Jokowi dalam momentum HUT ke-74 TNI beberapa waktu lalu. Jokowi sangat mengapresiasi peran TNI selama ini.
 
Berikut selengkapnya:
 
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan,
 
Para purnawirawan dan prajurit TNI yang saya cintai dan saya banggakan. Hadirin sekalian yang saya muliakan.
 
Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI. Selamat atas kepercayaan dan kebanggaan rakyat Indonesia untuk saudara-saudara semua, dan selamat berbakti untuk ibu pertiwi.
 
Bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas, demi tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara-saudara semua, kepada TNI, yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI, yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional, serta yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.
 
Kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran TNI, yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terdampak bencana termasuk kebakaran hutan. TNI yang selalu aktif menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu serentak tahun 2019.
 
TNI yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru dunia. TNI yang selalu memastikan negara hadir di daerah terpencil, di daerah perbatasan dan di pulau-pulau terdepan Indonesia. TNI yang selalu manunggal dengan rakyat
 
Saya menyampaikan selamat dan sangat berbangga atas keberhasilan saudara-saudara, yang telah berhasil menjadi juara pada lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28 tahun 2018 di Malaysia. Serta kesuksesan pada lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), yang dengan senjata buatan Pindad telah berhasil menjadi juara 12 kali berturut-turut.
 
Oleh karena itu, atas nama bangsa Indonesia, izinkan saya untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada institusi TNI dan seluruh prajurit serta purnawirawan TNI.
 
Para purnawirawan dan prajurit TNI yang saya cintai dan saya banggakan. Hadirin sekalian yang saya muliakan.
 
Dalam setahun terakhir ini, TNI juga telah menorehkan sejarah baru. Pada bulan Desember 2018, telah diresmikan pangkalan militer terpadu di Natuna yang akan disusul dengan empat pangkalan serupa di Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki. Pada tanggal 30 Juli 2019, telah dibentuk Komando Operasi Khusus (Koopsus) yang akan mendukung penanganan terorisme.
 
Latihan gabungan Dharma Yudha juga telah sukses dilaksanakan di awal bulan September 2019, yang melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra dan menjadi ajang unjuk teknologi baru. Kemudian pada tanggal 27 September 2019, telah dibentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) di Tanjung Pinang, Balikpapan, dan Biak. Kehadiran Kogabwilhan akan meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan krisis dan meningkatkan daya gentar kita.
 
Semua ini menandai pergeseran budaya militer di TNI kita, yang tadinya terpilah-pilah di masing-masing matra, kemudian menjadi terpadu dalam lingkup Tentara Nasional Indonesia dan semakin didukung oleh profesionalisme prajurit.
 
Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme TNI. Pemerintah telah menambahkan 60 jabatan perwira tinggi baru untuk mengoptimalkan peran prajurit. Pemerintah juga terus menambah jumlah alat utama sistem pertahanan (Alutsista) untuk memenuhi target Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essensial Forces) tahap II.
 
Peningkatan kemandirian industri pertahanan nasional juga terus diusahakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.16 tahun 2012. Serta meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme prajurit.
 
Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI. Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp131 triliun di tahun 2020. Pemerintah mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun. Selain itu, pemerintah akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020.
 
Hadirin yang saya muliakan, para prajurit TNI yang saya cintai,
Cita-cita kita untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia harus didukung angkatan perang yang kuat. Oleh karena itu, belanja pertahanan kita arahkan menjadi investasi pertahanan. Pemanfaatan teknologi tinggi ke depan tidak bisa ditawar lagi.
 
Rencana strategis Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essensial Forces) tahap III periode 2019-2024 harus segera dituntaskan. Demikian pula rencana jangka panjang hingga 100 tahun Indonesia merdeka harus kita wujudkan.
 
Di dalam era yang penuh dengan kemajuan teknologi, alutsista yang digunakan TNI harus semakin maju. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) TNI juga harus semakin tangguh, semakin adaptif dan memegang teguh jiwa Sapta Marga.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai Panglima Tertinggi TNI, saya perintahkan agar pertama, prajurit TNI di masa depan harus memiliki kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista produk dalam negeri.
 
Kedua, prajurit TNI tidak boleh lagi terjebak dalam ego matra. TNI harus mampu bersinergi dengan kementerian dan lembaga seperti Polri, BNPT, BNPB, dan Bakamla. Ketiga, prajurit TNI wajib menjaga kemanunggalan TNI bersama rakyat melalui Operasi Bhakti dan program Tentara Manunggal Membangun Desa.
 
Pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pejabat-pejabat dan perwira tinggi utama yang telah membantu periode kepemimpinan Presiden tahun 2014-2019.
 
Terima kasih kepada Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla; kepada Menkopolhukam Bapak Tedjo Edhy Purdijatno, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, dan Bapak Wiranto; kepada Menteri Pertahanan Bapak Ryamizard Ryacudu; kepada Panglima TNI Bapak Moeldoko, Bapak Gatot Nurmantyo, dan Bapak Hadi Tjahjanto; kepada KASAD Bapak Mulyono dan Bapak Andika Perkasa; kepada KASAL Bapak Ade Supandi dan Bapak Siwi Sukma Aji; serta kepada KASAU Bapak Ida Bagus Putu Dunia, Bapak Agus Supriatna, dan Bapak Yuyu Sutisna.
 
Kontribusi Bapak-bapak beserta semua jajaran prajurit TNI, sungguh sangat berarti bagi perjalanan negeri ini. Telah menjadi bhayangkari bangsa dan negara dalam menegakkan NKRI serta mengawal kemajuan Indonesia tercinta.
 
Dirgahayu TNI!
Teruslah menjadi tentara profesional!
Dan teruslah menjadi kebanggaan rakyat!
 
Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bangga kepada Tentara Nasional Indonesia, adalah salah. Faktanya Presiden Jokowi bangga dan berterima kasih kepada TNI.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading contentdibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/dN62evPN-jokowi-terima-kasih-tni
2.https://www.inews.id/news/nasional/pidato-lengkap-presiden-jokowi-di-upacara-peringatan-hut-ke-74-tni
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif