NEWSTICKER
Pertemuan tim Cek Fakta Medcom.id dan Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kemenkes RI Busroni. Foto: Kemeskes
Pertemuan tim Cek Fakta Medcom.id dan Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kemenkes RI Busroni. Foto: Kemeskes

Cek Fakta Medcom.id dan Kemenkes Kolaborasi Tangkal Peredaran Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 26 Februari 2020 13:42
Jakarta: Tim Cek Fakta Medcom.id dan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat (Komyanmas) Kementerian KesehatanRI menggelar pertemuan hari ini. Pertemuan dalam rangka penjajakan kerja sama menangkal kabar palsu alias hoaks di berbagai platform.
 
Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kemenkes RI Busroni, mengatakan bahwa kemampuan publik dalam menangkal hoaks masih minim. Busroni mengapresiasi Medcom.id yang meluncurkan program Cek Fakta.
 
"Maka itu kehadiran program yang ada di Medcom.id dan di Media Group menjadi penting," kata Busroni dalam pertemuan di Kemenkes RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Busroni menjelaskan pihaknya selama ini turut memantau peredaran hoaks di bidang kesehatan yang beredar di berbagai platform. Busroni siap bekerja sama dengan Medcom.id dalam rangka menangkal hoaks tersebut. "Dalam penjajakan pertama ini, paling tidak kita memahami bahwa publik diedukasi dengan hal-hal yang jelas dan benar dan dari sumber yang terpercaya untuk bisa memberikan pencerahan kepada publik, supaya dia tidak terperangkap pada hoaks. Khususnya di bidang kesehatan," ungkap Busroni.
 
Busroni menambahkan penyebaran hoaks cenderung bertambah dari waktu ke waktu. Pula pihak yang memproduksi hoaks tersebut bukan hanya dari pihak-pihak yang iseng, ketidaksengajaan, tapi juga dari pihak-pihak lembaga tertentu.
 
"Kita menjajaki kerjasama ini untuk mengedukasi publik dan kita bersama menjadi sumber pemberitaan yang baik," pungkas dia.
 

Baca Juga: Mengenal Tujuh Jenis Hoaks
 

Kanal Cek Fakta merupakan ikhtiar Medcom.id untuk turut ambil bagian dalam pemberantasan hoaks, disinformasi, hingga ujaran kebencian melalui pelintiran informasi yang banyak ditemukan di media sosial.
 
Cek Fakta Medcom.id menerapkan alur kerja terukur sesuai dengan standar pemeriksaan fakta. Kami juga menggunakan banyak tools atau alat pendeteksi klaim untuk memeriksa dan mengukur kevalidan sebuah kabar atau informasi.
 
Cek Fakta Medcom.id berjejaring dengan aliansi pemeriksa fakta CekFakta.com, yakni sebuah proyek kolaborasi antarmedia yang mempunyai misi khusus melawan maraknya penyebaran hoaks.
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif