Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Foto Presiden Jokowi jadi Cecunguk Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 02 Desember 2020 10:03
Beredar sebuah foto memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan sembari membungkukkan badan dengan seorang pria. Foto itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Yusuf Islam yang turut mengunggah foto tersebut. Akun itu membuat narasi Presiden Jokowi menjadi cecunguk Tiongkok.
 
"Presiden kok jadi cecunguk China," tulis akun facebook Yusuf Islam pada 30 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Unggahan dituliskan dalam sebuah grup facebook yang memiliki anggota lebih dari 136 ribu orang. Unggahan ini direspons warganet, terdiri dari 22 emotikon, 12 komentar dan 3 kali dibagikan.
[Cek Fakta] Foto Presiden Jokowi jadi Cecunguk Tiongkok? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Jokowi sebagai cecunguk Tiongkok, adalah salah. Faktanya, ini narasi bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.
 
Kami dari tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas isu senada pada 3 Juni 2020. Pada ulasan itu, pria yang berjabat tangan dengan Jokowi adalah Priyo Budi Santoso, mantan Wakil Ketua DPR.
 
Foto itu diabadikan saat Jokowi bertemu dengan Priyo dalam perayaan ulang tahun buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kala itu, Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Jokowi menyalami Priyo sambil membungkuk. Priyo pun menyambut rasa hormat Jokowi itu dengan tersenyum. Tangan kirinya tampak menepuk pundak Jokowi," tulis Medcom.id dalam laporannya pada Jumat 4 April 2014.


[Cek Fakta] Foto Presiden Jokowi jadi Cecunguk Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Jokowi sebagai cecunguk Tiongkok, adalah salah. Faktanya, ini narasi bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Foto Presiden Jokowi jadi Cecunguk Tiongkok? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4KZRA7qK-foto-presiden-jokowi-jabat-tangan-pihak-tiongkok-sambil-membungkukkan-badan
https://www.medcom.id/nasional/politik/ob3lPv0k-priyo-kaget-foto-jokowi-membungkuk-jadi-perbincangan
https://id.wikipedia.org/wiki/Priyo_Budi_Santoso
https://archive.md/TmkZ2
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif