Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

Viral Video Siswa Kejang-Kejang Karena Bermain Game Online? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 01 November 2019 15:26
Video yang memperlihatkan seorang siswa mengalami kejang-kejang saat bermain game online viral di media sosial. Terlihat pada bagian tangan hingga paha siswa itu, terlilit kabel earphone (penyuara telinga) yang tersambung dengan telepon seluler (ponsel) di kantong celananya.
 
Tak berlangsung lama, siswa yang mengalami kejang-kejang itu seketika pingsan. Sementara itu, teman-temannya terlihat panik sembari berteriak histeris melihat kejadian tersebut.
 
Kabar siswa kejang-kejang karena bermain game online itu menyebar ke berbagai platform media sosial. Akun Facebook Aisyah Rahma sempat membagikan video tersebut pada 12 September 2019, dengan keterangan bertuliskan:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Astaghfirullah... Seorang siswa kejang-kejang saat bermain game online di kelasnya. Terjadi disalah satu sekolah SMA di Luwu Timur/Sulawesi Selatan. 12 September 2019.
Repost by INSTAGRAM @makassar_iinfo
"
Viral Video Siswa Kejang-Kejang Karena Bermain <i>Game</i> <i>Online</i>? Ini Faktanya
 

 
Penelsuruan Fakta:
Setelah dilakukan penelusuran, siswa yang mengalami kejang-kejang dalam video berdurasi 36 detik itu, bukan karena bermain game online. Siswa itu berinisial FH dan berusia 16 tahun, memang memiliki penyakit epilepsi. Kejadian itu terjadi di SMA Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
 
Dilansir dari Detik, Kepala sekolah SMA Luwu Timur, Muh. Saleh mengatakan pada saat kejadian, FH dan rekan-rekannya memang diperbolehkan membawa ponsel android ke kelas karena berhubungan dengan salah satu mata pelajaran sekolah.
 
"Selesai mata pelajaran itu, kan siang, istirahat dan salat zuhur. Tapi siswa ini main game di kelas sampai kambuhlah itu penyakitnya. Baru ada temannya yang videokan, saya juga masih cari itu siswa yang merekam," sebut Saleh.
 
Saleh juga membantah informasi beredar yang menyebutkan kalau siswanya tersebut meninggal karena kecanduan bermain game.
 
"Itu juga ada yang bilang meninggal, hoaks itu. Anak itu sudah sehat setelah dibawa ke puskesmas. Jadi salah itu yang bilang meninggal. "Malah sebenarnya penyakit anak ini jarang sekali terjadi, ini hanya kebetulan kejadian di sekolah. Sekarang anak itu sudah masuk sekolah lagi seperti biasa," sebut Saleh.
 

Kesimpulan:
Pernyataan yang menyebut seorang siswa kejang-kejang karena bermain game online adalah salah. Siswa tersebut memang memiliki riwayat penyakit epilepsi.
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-4704947/heboh-siswa-di-sulsel-main-game-di-kelas-berujung-kejang-kejang-ini-faktanya?fbclid=IwAR1FAMZoioSxEZqIOdRjc3iAqLWm15Dfw0cSiefok86b1S_Tp43iPOsve8I
 

Sumber:
Pesan berantai WhatsApp
https://www.facebook.com/profile.php?id=100008470478238
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif