Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Sertifikat Vaksin Tertua di Dunia Dikeluarkan Turki Utsmani pada 1971 Hoaks? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 September 2021 13:52
Beredar unggahan foto di media sosial yang memperlihatkan selembar kertas kuno memuat tulisan aksara Arab dan Perancis. Diklaim, kertas itu merupakan kartu vaksin tertua di dunia yang dikeluarkan pada tahun 1721 Masehi oleh Kekaisaran Ottoman atau Kekaisaran Turki Utsmani.
 
Akun Facebook Agussalim Abas ikut membagikan foto itu pada Minggu, 12 September 2021. Pada unggahannya, terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:

"Sertifikat Vaksin tertua di dunia tahun 1721M. Dikeluarkan Khalifah Islamiyah Turki Ustmani. Vaksin itu bagian peradaban Islam yang maju.


 
"Masya Allah Ternyata Sertifikat Vaksin Sudah Pernah Di Cetak Pada Masa Khalifah Islamiyah Turki Utsmani." tulis akun Agussalim Abas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian? Simak cek faktanya berikut ini.
[Cek Fakta] Sertifikat Vaksin Tertua di Dunia Dikeluarkan Turki Utsmani pada 1971 Hoaks? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar bahwa vaksin tertua di dunia dikeluarkan pada tahun 1721 Masehi oleh Kekaisaran Turki Utsmani adalah salah. Faktanya, narasi pada gambar salah dipahami.
 
Pada gambar sertifikat kuno itu mencatat rincian orang yang divaksinasi, yakni kasus seorang anak berusia 10 tahun dari ibu kota, Istanbul. Tercatat dalam sertifikat kuno bahwa nama laki-laki Ismail Efendi, Nama Ayah: Mehmed Aga, Pekerjaan: Pengemudi.
 
"Secara sukarela dan tanpa paksaan, vaksinasi dilakukan untuk kedua kalinya kepada orang yang disebutkan untuk perlindungan dari epidemi dan sertifikat ini diserahkan kepadanya pada 13 Oktober 1326 Hijrah. Tertanda Petugas Vaksinasi: Mustafa bin Hussein", demikian keterangan ke sertifikat.
 
Jadi, narasi sertifikat vaksin pada gambar yang beredar dikeluarkan pada tahun 1721 Masehi adalah salah. Melainkan, 13 Oktober 1326 Hijrah. Ini bisa dilihat pada bagian pojok kanan bawah.Perpaduan menggunakan bulan Masehi dan tahun Hijriah memang menjadi ciri khas Kekaisaran Ottoman.
 
Namun, jika dikonversi ke dalam sistem Masehi, sertifikat itu kemungkinan dikeluarkan pada 1904 atau 1905.
 
Sementara itu, sertifikat vaksin tertua di dunia merujuk situs sciencehistory.org melalui laporan berjudul"COVID-19 Health Passports: What’s Old Is New Again", diketahui muncul pada 1722 di Italia. Situs itu mengunggah dokumen lawas yang berasal dari dokumentasi Wellcome Collection.
 
Dokumen kuno berbahasa Italia itu memperlihatkan kartu kesehatan yang dikeluarkan oleh pejabat Montecchio, sebuah kota di Italia Tengah, saat adanya wabah Black Death pada abad ke-14. Dokumen tersebut menjamin bahwa pemegang kartu kesehatan atau sertifikat kesehatan bebas dari wabah dan dapat melakukan perjalanan.

"Health pass issued by officials of Montecchio, a town in central Italy, 1722. The pass promises that since their “land is, by the grace of God, free and safe from any suspicion of plague,” the bearer may depart for Reggio." keterangan pada gambar.


 
[Cek Fakta] Sertifikat Vaksin Tertua di Dunia Dikeluarkan Turki Utsmani pada 1971 Hoaks? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar bahwa vaksin tertua di dunia dikeluarkan pada tahun 1721 Masehi oleh Kekaisaran Turki Utsmani adalah salah. Faktanya, narasi pada gambar salah dipahami.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Sertifikat Vaksin Tertua di Dunia Dikeluarkan Turki Utsmani pada 1971 Hoaks? Begini Faktanya
 

Referensi:
1. https://www.sciencehistory.org/distillations/covid-19-health-passports-whats-old-is-new-again
2. https://nasional.okezone.com/berita/337-2467648/viral-selembar-sertifikat-vaksin-pada-zaman-kekaisaran-turki-usmani?page=2
3. https://www.kompas.com/tren/berita/210000765-klarifikasi-surat-vaksin-tertua-dunia-era-turki-usmani-tahun-1721-m?page=all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui [email protected] WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif