Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta] Bunga Ini Mekar Hanya saat Azan Berkumandang? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 14 Januari 2020 19:31
Beredar sebuah video di media sosial memperlihatkan bunga berwarna kuning bermekaran saat azan dikumandangkan. Dalam video tersebut terdengar suara azan yang berbarengan dengan mekarnya bunga.
 
Video berdurasi 43 detik itu diunggah oleh akun Facebook Panca Indarto pada Jumat 3 Januari 2020. Pemilik akun menambahkan narasi pada video bertuliskan:
 
Bukan kebetulan atau sulap, faktanya bunga ini akan mekar setiap adzan berkumandang. Oleh sebab itu bunga ini disebut Bunga Adzan.
.
Kantor berita CNN bahkan pernah mengulas tentang Bunga Adzan (Flower Azan) dan menyebut fenomena ini sebagai perpaduan antara sains dan religi.
.
Baik pagi, siang, atau malam, bunga berwarna kuning ini akan mekar bersama-sama saat mendengar suara adzan seperti manusia yang bangun dari tidurnya.
.
Tidak ada penjelasan ilmiah mengapa bunga ini selalu mekar saat adzan dikumandangkan. Namun para ilmuwan menyebut bunga ini sangat ajaib dan kental akan nilai-nilai spiritual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Bunga Ini Mekar Hanya saat Azan Berkumandang? Ini Faktanya
Penelusuran:
Setelah ditelusuri klaim bahwa bunga yang mekar saat azan berkumandang adalah salah. Ternyata, bunga yang seolah bermekaran saat azan berkumandang termasuk genus tanaman bunga yaitu genus Oenothera yang terdiri sekitar 145 spesies, yang kebanyakan spesies-spesies bunganya mekar pada sore hari. Oleh sebab itu sering disebut dengan nama “Evening Primrose” .
 
Dilansir situs kesehatan webmd.com, Evening primrose adalah tanaman asli Amerika Utara dan Selatan. Itu juga tumbuh di seluruh Eropa dan sebagian Asia. Bunga berwana kuning itu mekar saat matahari terbenam dan menutup pada siang hari.
 
Evening promise mekar pada senja hari dengan proses pemekaran kurang dari satu menit. Jadi kemungkinan proses mekarnya bunga ini memang bertepatan dengan azan maghrib. Magrib menandakan peredupan intensitas cahaya sampai batas tertentu. Oleh karna itu ketika intensitas cahaya tertentu tercapai, bunga pun mekar. Percobaan dapat juga dilakukan dengan cahaya lampu. Jadi bunga itu memberi respons hanya pada intensitas cahaya bukan suara terutama suara azan.
 

[Cek Fakta] Bunga Ini Mekar Hanya saat Azan Berkumandang? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Setelah ditelusuri klaim bunga yang mekar saat mendengar azan ternyata salah.Video yang di unggah akun facebook Panca Indarto tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.
Informasi tersebut masuk dalam jenis hoaks Imposter content (konten tiruan).
Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga
 

Referensi:
https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1006/evening-primrose-oil
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4147493/cek-fakta-bunga-ini-mekar-saat-mendengar-azan-ini-faktanya
 

Sumber:
https://www.facebook.com/panca.indarto.3/videos/2477906969091837/
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif