Tangkapan layar postingan media sosial/Medcom.id
Tangkapan layar postingan media sosial/Medcom.id

[Cek Fakta] Viral Foto Prabowo "Biarin Saya Jadi Kepala"? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Sobih AW Adnan • 23 Oktober 2019 21:57
Akun Facebook atas namaAhmad Arhan mengunggah foto Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Dalam unggahan gambar yang telah mendapatkan 1.700 reaksi, 176 komentar, dan 33 kali dibagikan ulang itu berisikan narasi sebagai berikut:
 
"BIARIN SAYA GAK JADI KEPALA, TETAPI NANTI SAYA AKAN MASUK KEDALAM KEPALA DAN MENJADI ISI KEPALA NYA KEPALA. :kissing_heart:,"
 
[Cek Fakta] Viral Foto Prabowo

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran: Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, tidak ditemukan pernyataan Prabowo seperti yang dituliskan akun tersebut. Selain itu, foto yang disematkan pada unggahan itu merupakan karya jurnalis Detik.com Andhika Prasetia. Foto tersebut diambil setelah Prabowo bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2019 dan telah ditampilkan pada artikel bertajuk "Prabowo Jadi Calon Menhan, Ini Respon Puan Maharani".
 
[Cek Fakta] Viral Foto Prabowo

 
Kesimpulan:
 
Unggahan yang dibuat akun atas nama Ahmad Arhan bergambar Prabowo Subianto dengan narasi "BIARIN SAYA GAK JADI KEPALA, TETAPI NANTI SAYA AKAN MASUK KEDALAM KEPALA DAN MENJADI ISI KEPALA NYA KEPALA" termasuk dalam kategori false context atau konten yang salah dengan metode memadankan konten asli dengan informasi yang keliru.
 
Referensi:
 
- https://archive.fo/JwECh
 
- https://news.detik.com/berita/d-4754698/prabowo-jadi-calon-menhan-ini-respons-puan-maharani?fbclid=IwAR3nedqBj4L5C-fjk7pswLXe2meoEZ7VmMr_fXqN4wUouvBLxngt-PsB41w
 
- https://turnbackhoax.id/2019/10/23/salah-biarin-saya-gak-jadi-kepala-tetapi-nanti-saya-akan-masuk-kedalam-kepala-dan-menjadi-isi-kepala-nya-kepala/
 
Sumber:
 
- https://www.facebook.com/groups/687706091644942/permalink/849962102086006/
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif