Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Abu Janda Jadi Imam Salat Id? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 30 April 2021 14:59
Beredar sebuah informasi Permadi Arya atau yang dikenal dengan Abu Janda ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi imam Salat Id. Informasi beredar di facebook.
 
Akun facebook Albert Joshua Ferdinand membagikan informasi ini pada 30 April 2021. Berikut informasi yang diunggahnya.

"Masya Allah ????
Jokowi telah sepakat bahwa yang menjadi imam untuk sholat Id tahun ini dipimpin oleh ustad abujanda ,bdk, tl, SH.
Sungguh Jokowi sangat mencintai ulama????????????"


[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Abu Janda Jadi Imam Salat Id? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Permadi Arya atau yang dikenal dengan Abu Janda ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi imam Salat Id adalah salah. Faktanya, informasi tersebut fiktif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir kompas.com, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri mengimbau pelaksanaa Salat Id tahun ini dilaksanakan di rumah masing-masing. Ini upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan, shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah bersama keluarga. Sebab, shalat Idul Fitri akan menimbulkan kerumunan kelompok sehingga rentan terjadi penularan virus corona.
 
"Shalat Idul Fitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, karena akan menimbulkan kelompok harus kita lebih utamakan keselamatan, supaya tidak menimbulkan penularan klaster baru baru," kata Amirsyah dalam konferensi pers secara virtual di kanal YouTube BNPB, Jumat (23/4/2021).
 
Amirsyah juga mengatakan, silaturahmi selama Lebaran bisa dilakukan secara virtual tanpa harus bertemu langsung dengan anggota keluarga.
 
"Ini akan lebih meningkatkan suasana yang hangat di tengah-tengah keluarga, dan terhindar dari kerumunan di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.
 
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Abu Janda Jadi Imam Salat Id? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Permadi Arya atau yang dikenal dengan Abu Janda ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi imam Salat Id adalah salah. Faktanya, informasi tersebut fiktif.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Abu Janda Jadi Imam Salat Id? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://nasional.kompas.com/berita/12514401-mui-shalat-idul-fitri-sebaiknya-di-rumah
2.https://archive.fo/R8emY
 

*Kami sangatsenang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif