Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Viral Seorang Polisi Mengundurkan Diri dan Membelot ke Papua Merdeka Hoaks, Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 13 Oktober 2020 16:43
Beredar video yang memperlihatkan seorang anggota polisi di media sosial. Dinarasikan, seorang anggota polisi yang mengenakan seragam Polri bernama Andy JR dalam video itu--mengundurkan diri dari kesatuan dan ingin bergabung menjadi bagian tentara Papua Merdeka.
 
Video itu diunggah akun Facebook VIRAL PAPUA pada Kamis, 8 Oktober 2020. Pada video, kamera tidak memperlihatkan wajah seorang pria di dalam video itu. Akun itu juga menambahkan keterangan pada unggahan videonya, bertuliskan sebagai berikut:
 
"Viral???? Polisi Asal Papua ini mau mengundurkan diri dari Polisi dan mau gabung bersama TPNPB-OPM Polisi bernama Andi Jr ini mengajak semua TNI POLRI Asal Papua untuk gabung bersama TPNPB-OPM dan lawan Indonesia ????
Viral???? Polisi Asal Papua ini mau mengundurkan diri dari Polisi dan mau gabung bersama TPNPB-OPM
Polisi bernama Andi Jr ini mengajak semua TNI POLRI Asal Papua untuk gabung bersama TPNPB-OPM dan lawan Indonesia"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Hingga tangkapan layar dibuat, unggahan video itu sudah ditonton sebanyak lebih dari 7.500 kali. Video juga mendapat respons warganet, terdiri dari 100 emotikon dan 47 komentar. Benarkah klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang anggota polisi yang mengundurkan diri dan ingin bergabung menjadi bagian dari tentara Papua Merdeka? Simak penelusuran faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Viral Seorang Polisi Mengundurkan Diri dan Membelot ke Papua Merdeka Hoaks, Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang anggota polisi yang mengundurkan diri dan ingin bergabung menjadi bagian tentara Papua Merdeka adalah salah. Video itu sudah dibantah oleh Polda Papua.
 
Video tersebut dibantah Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Musthofa Kamal. Dilansir cnnindonesia.com, melalui artikel berjudul "Polda Papua Bantah Polisi Membelot ke TPNPB-OPM" dimuat Sabtu, 10 Oktober 2020,Musthofa menjelaskan bahwa pakaian dinas milik Brigadir Polisi Satu Andi JR dalam video itu merupakan pakaian yang dipinjamkan pada 12 Agustus 2020 kepada salah satu siswa sekolah di Yahukimo. Sedianya pakaian itu akan digunakan untuk digunakan dalam karnaval dalam rangka HUT RI di sana, namun belum dikembalikan sampai saat ini.
 
"Anggota itu sudah pernah mencari dan memeriksa ke tempat sekolah, namun murid yang meminjam sudah tidak sekolah lagi," jelas Musthofa.
 
Musthofa mengungkapkan Polda Papua melalui Tim Siber Dit Reskrimsus Polda Papua masih menyelidiki hal itu, termasuk identitas pelaku yang membuat dan menyebarkan video itu.
 
"Terkait hal ini kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah percaya dengan unggahan atau kabar yang belum tentu sahih kebenarannya. Jika menerima informasi atau kabar agar ditelusuri sumbernya hingga tidak menjadi sumber keresahan di tengah-tengah masyarakat," katanya.
 

[Cek Fakta] Video Viral Seorang Polisi Mengundurkan Diri dan Membelot ke Papua Merdeka Hoaks, Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang anggota polisi yang mengundurkan diri dan ingin bergabung menjadi bagian tentara Papua Merdeka adalah salah. Video itu sudah dibantah oleh Polda Papua.
 
Informasi ini jenis hoaksFabricated Content(konten palsu).Fabricated contentterbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Video Viral Seorang Polisi Mengundurkan Diri dan Membelot ke Papua Merdeka Hoaks, Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201010183521-12-556902/polda-papua-bantah-polisi-membelot-ke-tpnpb-opm
https://archive.md/yKeh4
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif