Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Kebakaran Gedung Moonton Pengembang Gim Mobile Legend ? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 08 Juli 2020 15:26
Beredar informasi yang menyebutkan gedung Moonton yang merupakan pengembang gim Mobile Legends mengalami kebakaran. Diklaim, akibat kejadian itu, server gim Mobile Legends sempat mengalami gangguan.
 
Akun Facebook Apri Sitanggang membagikan foto tersebut pada Selasa, 6 Juli 2020. Pemilik akun juga menambahkan caption pada unggahan foto yang memperlihatkan kebakaran salah satu gedung pada malam hari.
 
"Tadi malam tak bisa online mobile legends
Pantasan gedung nya terbakar"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Beredar Foto Kebakaran Gedung Moonton Pengembang Gim <i>Mobile</i> <i>Legend</i> ? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa gedung Moonton yang merupakan pengembang gim Mobile Legends mengalami kebakaran adalah salah. Faktanya, foto yang beredar memperlihatkan kebakaran gedung Kasgoro pada 2015.
 
Merujuk Kominfo yang melansir dailyspin.id, Humas Moonton Indonesia Azwin Nugraha dengan tegas menyatakan bahwa informasi kebakaran tersebut tidak benar adanya. Azwin menjelaskan bahwa hingga saat ini kantor berada dalam kondisi aman dan tidak terjadi kebakaran seperti halnya informasi yang beredar.
 
"Hoax mas, saat ini kantor aman, tidak ada kebakaran sedikitpun,” jelas Azwin Nugraha.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Kebakaran Gedung Moonton Pengembang Gim <i>Mobile</i> <i>Legend</i> ? Ini Faktanya
 

Sementara itu, foto kebakaran gedung yang dibagikan akun Facebook Apri Sitanggang identik dengan foto yang diunggah Medcom.id melalui artikel berjudul "Wisma Kosgoro Kebakaran, 25 Unit Damkar Dikerahkan" dimuat pada 9 Maret 2015. Pada foto terdapat keterangan bertuliskan:
 
"Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar Gedung Wisma Kosgoro di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (9/3)."
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Kebakaran Gedung Moonton Pengembang Gim <i>Mobile</i> <i>Legend</i> ? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa gedung Moonton yang merupakan pengembang gim Mobile Legends mengalami kebakaran adalah salah. Faktanya, foto yang beredar memperlihatkan kebakaran gedung Kasgoro pada 2015.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://archive.md/uvkZ0
https://dailyspin.id/apakah-benar-gedung-moonton-terbakar/?fbclid=IwAR3hGq5DJague5vV3AJ_UiGbZfVrIX0zJIxYvtGYNz2z4bjnv0-iEf1yBYY
https://www.medcom.id/foto/news/5b2YeonN-wisma-kosgoro-kebakaran-25-unit-damkar-dikerahkan?fbclid=IwAR1L5lwsUj8EzFcMVgrR-OM2sDnc7htLZYHu8u1oz9PoRsppitnqQdvWHY8
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif