Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] FPI Didirikan oleh Soeharto untuk Melindungi Hartanya? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 26 Februari 2021 14:58
Beredar sebuah narasi Front Pembela Islam (FPI) didirikan oleh Presiden ke 2 Soeharto. Tujuannya untuk melindungi aset-aset keluarga Cendana.
 
Akun facebook Anis Wati membagikan narasi ini pada 26 Februari 2021. Berikut narasi yang diunggahnya.

"FPI di dirikan suharto Thn 1998 , , dgn tujuan buat melindungi harta charam cendana . . Sampe2 jual2 agama , dan mencoreng agama islam . . FPI = PKI cendana . ."


[Cek Fakta] FPI Didirikan oleh Soeharto untuk Melindungi Hartanya? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim FPI didirikan oleh Soeharto adalah salah. Faktanya, FPI didirikan oleh oleh sejumlah ulama, haba’ib, serta aktivis muslim dipelopori Rizieq Shihab pada 17 Agustus 1998 atau sesaat Soeharto tumbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir tirto.id, FPI dideklarasikan secara terbuka di Pondok Pesantren Al-Umm, Tangerang, pada 25 Robi’uts Tsani 1419 Hijriyyah atau tanggal 17 Agustus 1998. FPI didirikan oleh sejumlah ulama, haba’ib, serta aktivis muslim dipelopori seorang tokoh keturunan Hadrami bernama Rizieq Shihab. Meskipun secara formal baru terbentuk pada 17 Agustus 1998, tetapi FPI sebelumnya telah merintis kemunculannya di publik lewat pengajian, tabligh akbar, audiensi dengan unsur-unsur pemerintahan, serta silaturahmi dengan tokoh-tokoh agama terkemuka.
 
FPI adalah salah satu organisasi muslim yang hadir dengan memanfaatkan ruang gerak politik yang lebih luas setelah keruntuhan rezim Orde Baru Soeharto. Secara umum, setelah Reformasi 1998, Indonesia diwarnai maraknya perkembangan berbagai partai, lembaga swadaya masyarakat, organisasi massa, dan lain sebagainya. FPI adalah salah satu kelompok yang turut menunggangi gelombang demokratisasi ini.
 
[Cek Fakta] FPI Didirikan oleh Soeharto untuk Melindungi Hartanya? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim FPI didirikan oleh Soeharto adalah salah. Faktanya, FPI didirikan oleh oleh sejumlah ulama, haba’ib, serta aktivis muslim dipelopori Rizieq Shihab pada 17 Agustus 1998 atau sesaat Soeharto tumbang.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 
Referensi:
1.https://tirto.id/fpi-dalam-lintasan-sejarah-b1NT
2.https://archive.fo/KFz9k
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif