Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Sosok Putih Bercahaya Muncul di Sidang Habib Rizieq? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 21 April 2021 14:42
Beredar sebuah video dengan narasi judul muncul sosok putih bercahaya di sidang Habib Rizeq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Video beredar di facebook.
 
Kanal youtube JURNALIS membagikan video ini pada 21 April 2021. Video berjudul "SUBHANALLAH !!! WALIYULLAH MUNCUL DI PERSIDANGAN HABIB RIZIEQ" telah ditonton 1.600 orang.
 
Dalam halaman sampul video tersebut, menggambarkan sosok putih yang sedang bersimpuh di hadapan Habib Rizieq yang tengah duduk di kursi terdakwa. Terdapat tulisan sebagai berikut "Masyaallah..!! Sosok Putih Bercahaya Datangi HRS Detik-Detik Waliyullah Hadir di Persidangan".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Sosok Putih Bercahaya Muncul di Sidang Habib Rizieq? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim sosok putih bercahaya di sidang Habib Rizeq adalah salah. Faktanya, gambar sosok putih tersebut hasil suntingan.
 
Dari hasil penelusuran kami, foto asli yang dicatut dalam klaim foto halaman sampul tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "Habib Rizieq: Saya, Menantu dan Dokter Andi Tata Jadi Tersangka karena Laporan Bima Arya". Artikel dimuat di situs suaraislam.id pada 27 Maret 2021.
 
[Cek Fakta] Sosok Putih Bercahaya Muncul di Sidang Habib Rizieq? Ini Faktanya
 
Adapun sosok berpakaian serba putih sendiri disinggung oleh mantan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan kasus kerumunan di Petamburan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS).
 
Dilansir jpnn.com, Heru Novianto diperiksa terkait permasalahan penutupan jalan saat pernikahan utri Habib Rizieq pada 14 November 2020. "Betul, pada awalnya, pagi, tenda itu sudah terpasang tetapi jalan masih terbuka.
 
Tetapi pada saat sore menjelang jam empat, jam lima, massa sudah banyak. Tiba-tiba jalan ditutup dari ujung ke ujung untuk aktivitas kegaiatannya rencana maulid dan rencana pernikahannya anak terdakwa," kata Heru menjawab pertanyaan jaksa, pada persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin, 12 April 2021.
 
Kombes Heru juga mengatakan penutupan dilakukan orang pria yang berpakaian putih-putih, dengan menggunakan kursi dan mobil.
 
Namun, Heru tidak bisa memastikan identitas orang yang melakukan penutupan jalan tersebut.
 
"Kami tidak bisa memastikan apakah itu dari ormas FPI atau tidak, tetapi yang jelas mereka menggunakan baju putih-putih," lanjut Heru.
 
[Cek Fakta] Sosok Putih Bercahaya Muncul di Sidang Habib Rizieq? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim sosok putih bercahaya di sidang Habib Rizeq adalah salah. Faktanya, gambar sosok putih tersebut hasil suntingan.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Sosok Putih Bercahaya Muncul di Sidang Habib Rizieq? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://www.jpnn.com/news/sidang-habib-rizieq-kombes-heru-ungkap-tindakan-pria-berpakaian-putih-putih
2.https://suaraislam.id/habib-rizieq-saya-menantu-dan-dokter-andi-tata-jadi-tersangka-karena-laporan-bima-arya/
3.https://www.youtube.com/watch?v=0vy7O0xdtLk
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif