Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Megawati Resmi Usung Ganjar di Pilpres 2024? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 15 Juni 2021 14:07
Beredar sebuah video dengan narasi Ketua Umum Megawati Soekarno Putri resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Video beredar di facebook.
 
Kanal youtube SKEMA POLITIK membagikan video pada 15 Juni 2021. Video berjudul "GANJAR DIATAS ANGIN, SEMUA PARTAI MULAI MERAPAT".
 
Dalam halaman sampul video tersebut, terdapat kutipan sebagai berikut. "Mega Usung Ganjar Pasangan Prabowo-Puan Dipastikan Gagal Nyapres".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Megawati Resmi Usung Ganjar di Pilpres 2024? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Megawati resmi mengusung Ganjar di Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi resmi terkait infotmasi itu.
 
Dilansir liputan6.com, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan kewenangan pada Ketua Umum Partai, berupa hak prerogatif untuk menetapkan Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024. Karena itu ia mengingatkan saat ini bagi seluruh kader untuk melakukan konsolidasi Partai secara menyeluruh.
 
“Konsolidasi Partai juga menyangkut aspek ideologi, politik, program, kader, dan konsolidasi sumber daya. Konsolidasi ideologi agar bangsa Indonesia semakin kokoh dengan Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa, sehingga Presiden RI yang akan datang tidak akan dibebani oleh persoalan tersebut,” ucap Hasto dalam keterangannya, Senin, 24 Mei 2021.
 
Hasto mengingatkan, konsolidasi tiga pilar PDIP wajib diadakan secara lebih terstruktur, sistematis dan masif. “Struktural Partai, kepala daerah dan wakil kepala daerah, serta pimpinan legislatif bersama-sama berjuang dalam spirit gotong royong untuk rakyat. Semua wajib proaktif sebagai kader Partai,” katanya.
 
[Cek Fakta] Megawati Resmi Usung Ganjar di Pilpres 2024? Ini Faktanya
 
Dilansir detik.com, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menegaskan saat ini PDIP belum memikirkan Pilpres 2024. Lagi pula, dia menilai 2024 itu masih jauh.
 
"Pilpres itu masih jauh. Untuk PDIP, pilihan capres-cawapres merupakan hak prerogatif Ketum. Lebih baik salurkan sumber daya dan energi juang untuk menyukseskan program-program penanganan pandemi, dan pemulihan ekonomi nasional," katanya.
 
[Cek Fakta] Megawati Resmi Usung Ganjar di Pilpres 2024? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Megawati resmi mengusung Ganjar di Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi resmi terkait infotmasi itu.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Megawati Resmi Usung Ganjar di Pilpres 2024? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.liputan6.com/news/read/4565450/soal-pilpres-2024-pdip-tegaskan-urusan-capres-cawapres-di-tangan-megawati
2.https://news.detik.com/berita/d-5590080/muncul-ganjarist-pendukung-ganjar-nyapres-pdip-pilpres-masih-jauh
3.https://archive.fo/zgrZG
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif