Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Penampakan Banjir Darah di Afghanistan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 September 2021 17:00
Beredar foto yang memperlihatkan banjir darah di Kabul, Afghanistan. Foto ini beredar di media sosial.
 
Akun Twitter Fazal Afghan (@fhzadran) turut membagikan foto itu pada 27 Agustus 2021. Pada foto terlihat sejumlah sepatu mengambang di permukaan air yang berwarna merah pekat.

"Flood of blood in Kabul
#KabulAirport" cuit akun @fhzadran.


Unggahan itu dipersepsikan bahwa banjir darah berasal dari banyaknya warga sipil yang menjadi korban serangan kelompok Taliban yang telah menguasai Afghanistan beberapa waktu lalu.

"Tuhan memberi lebih banyak kekuatan kepada orang-orang Afghanistan dan untuk berperang dengan teroris (Taliban) ini" tulis akun Anuj Pratap Singh Rajawat mengomentari.


 
Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Foto Penampakan Banjir Darah di Afghanistan? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan banjir darah di Kabul, Afghanistan, adalah salah. Faktanya, warga setempat sengaja memberikan pewarna ke sungai sebagai bentuk protes.
 
Foto tersebut sudah beredar sejak 2017 sebelum kekuasaan Afghanistan jatuh ke pihak Taliban. Foto itu memperlihatkan ketika sekelompok pengunjuk rasa mewarnai Sungai Kabul dengan warna merah sebagai protes simbolis untuk menyadarkan akan tingginya jumlah korban sipil di negara tersebut.
 
Foto yang sama diunggah situs lokal berbahasa Persia otaghkhabar24.com, berjudul "Gerakan simbolis dari Laut Kabul yang berdarah".
 
Disebutkan, sebuah organisasi “Afghanistan 1400” menyemprotkan dua ratus kilogram cat merah di Sungai Kabul hingga membuat air menjadi merah. Dalam unggahan akun Twitter “Afghanistan 1400” ditemukan artikel berita dengan foto serupa diunggah pada 12 Febuari 2017.
 

 
Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan banjir darah di Kabul, Afghanistan, adalah salah. Faktanya, warga setempat sengaja memberikan pewarna ke sungai sebagai bentuk protes.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Foto Penampakan Banjir Darah di Afghanistan? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.otaghkhabar24.com/news/85820
https://turnbackhoax.id/2021/09/15/salah-banjir-darah-di-bandara-kabul/

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016



 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif