Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Dokter AS Ini Sebut Tes Swab Covid-19 Adalah Vaksinasi yang Terselubung? Ini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Vaksinasi covid-19 Hoaks Covid-19
Wanda Indana • 18 Januari 2022 16:34
Beredar video yang mengklaim bahwa orang yang telah di-swab test Covid-19 tanpa sadar telah divaksinasi. Disebutkan, vaksin Covid-19 sudah disamarkan dalam bentuk swab test.
 
Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Maret 2021. Akun itu mengunggah video wawancara berbahsa inggris yang menampilkan dokter asal Amerika Lorraine Day. Day dalam wawancara itu mengatakan bahwa orang yang telah dites untuk Covid-19 tanpa sadar telah divaksinasi.

"Mereka memulai vaksinasi sejak lama karena tes memvaksinasi Anda. Ya, mereka dapat memvaksinasi kami melalui tes usap hidung dan menargetkan otak." kata Day dalam wawancaranya.


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Dokter AS Ini Sebut Tes Swab Covid-19 Adalah Vaksinasi yang Terselubung? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa orang yang sudah di-swab test Covid-19 tanpa sadar telah divaksinasi karena vaksin Covid-19 sudah disamarkan dalam bentuk swab test adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah ahli dan WHO.
 
Dilansir dari AFP, WHO mengatakan bahwa usap hidung dirancang untuk mengumpulkan sampel untuk menguji keberadaan virus, dan bukan untuk tujuan vaksinasi.

“Sejauh ini tidak ada vaksin yang menunjukkan bahwa itu dapat diberikan melalui swab. Penyeka digunakan untuk mengumpulkan sampel dan bukan untuk memberikan vaksin,” kata Dr Phionah Atuhebwe, petugas medis pengenalan vaksin baru WHO di Afrika.


Geoffrey Kulabusia, seorang ahli imunologi di Kenya, dan Shabir Madhi, seorang profesor vaksinologi Afrika Selatan, mengatakan bahwa rekomendasi untuk vaksin Covid-19 hanya untuk intramuskular. Keduanya menepis klaim tentang vaksin yang diberikan selama tes Covid-19.
 
“Tidak benar orang divaksinasi selama tes Covid-19. Selama pengujian, kami hanya mengeluarkan sampel - baik dengan usap rongga atau usap hidung. Kita bisa melakukan vaksinasi hidung tetapi untuk Covid-19 yang sekarang sudah disetujui adalah vaksinasi intramuskular.”kata Kulabusia.
 
"Ada beberapa vaksin yang sedang diselidiki yang melihat pemberian secara oral atau intranasal tetapi saat ini tidak ada vaksin yang tersedia untuk penggunaan oral atau intranasal.” kata Madhi.
 
Pemberian vaksin dilakukan dengan metode yang berbeda, namun menurut Madhi, penyuntikan ke jaringan otot adalah yang paling umum.
 
“Kebanyakan vaksin diberikan melalui jalur intramuskular. Untuk beberapa vaksin, misalnya mRNA, injeksi ke otot diperlukan untuk membuat sel memproduksi protein lonjakan yang kemudian dipresentasikan ke sistem kekebalan tubuh,” kata Madhi
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa orang yang sudah di-swab test Covid-19 tanpa sadar telah divaksinasi karena vaksin Covid-19 sudah disamarkan dalam bentuk swab test adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah ahli dan WHO.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Dokter AS Ini Sebut Tes Swab Covid-19 Adalah Vaksinasi yang Terselubung? Ini Faktanya
 

 
Referensi:
-https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9QJ96R-1
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif