Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Reqnews.com
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Reqnews.com

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Xanana Gusmao Ikut Bantu Korban Bencana NTT? Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 12 April 2021 11:19
Mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mendadak menjadi buah bibir pubik tanah air. Musababnya, beredar kabar yang mengklaim Xanana membantu korban bencana di Nusa Tenggara Timur.
 
Kabar itu disebar situs daring Reqnews pada 9 April 2021. Situs itu mengunggah foto sampul yang memperlihatkan Xanana memakai kaos sedang memikul kardus bantuan di lokasi terdampak bencana.

"Aksi Xanana Gusmao Bantu Korban Bencana NTT Viral, Ini yang dilakukannya" narasi judul pada situs Reqnews.


Benarkah mantan PM Timor Leste Xanana Gusmao ikut membantukorban bencana di NTT? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Xanana Gusmao Ikut Bantu Korban Bencana NTT? Ini Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Xanana Gusmao membantu korban bencana di NTT adalah salah. Faktanya, bukan di NTT, foto yang beredar memperlihatkan Xanana Gusmao membantu korban bencana di Dili. Foto identik ditemukan pada artikel yang dimuat Tribunnews.com berjudul "Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao Angkat Kardus Bantu Korban Banjir di Dili, Fotonya Viral" dimuat Jumat, 9 April 2021. Pada caption foto dijelaskan bahwa Xanana sedang membantu korban banjir di Dili.

"Xanana Gusmao saat turun langsung membantu korban banjir dan tanah longsor di Dili, Timor Leste, pada Sabtu-Minggu (3-4 April 2021).(FACEBOOK MARIANO COSTA) " tulis caption pada foto itu.


Pula, artikel itu dijelaskan Xanana turut mengangkat bantuan berupa kardus-kardus, karung yang diturunkan dari truk, dan keranjang biru, meski cuaca saat itu hujan. Saat tiba di lokasi ia disambut warga yang sangat antusias dengan kedatangannya.
 
Ada pula foto warga yang membantu Xanana berjalan di tanah becek dengan merangkulnya, serta memayungi pria kelahiran Manatuto, Timor Leste, itu. Xanana Gusmao juga berinisiatif menghubungi para pemilik bisnis di Timor Leste untuk membantu mengirim bantuan ke warga terdampak bencana alam.

"Tuhan Yesus-lah yang menyelamatkan kalian," ucap Xanana.


 
Kesimpulan:
Klaim bahwa Xanana Gusmao membantu korban bencana di NTT adalah salah. Faktanya, bukan di NTT, foto yang beredar memperlihatkan Xanana Gusmao membantu korban bencana di Dili.
 
?Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Benarkah Xanana Gusmao Ikut Bantu Korban Bencana NTT? Ini Cek Faktanya
 

Referensi:
https://jateng.tribunnews.com/2021/04/09/mantan-presiden-timor-leste-xanana-gusmao-angkat-kardus-bantu-korban-banjir-di-dili-fotonya-viral
https://archive.md/fWSKz
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif