Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Tangkapan Layar
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Tangkapan Layar

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Surat Gubernur Kalbar Minta Dana Pengamanan Pilkada? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 19 November 2020 11:08
Beredar sebuah foto yang memperlihatkan surat bernomor 559/1001/2-11-BKD mengatasnamakan Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji meminta bantuan dana pengamanan pelaksanaan Pilkada. Surat itu ditujukan ke sejumlah Kepala Pimpinan Direksi Perusahaan di Kalimantan Barat.
 
Berikut narasi pada surat tersebut:
 
“GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Pontianak, 9 November 2020
Nomor : 559/1001/2-11-BKD
Sifat : Penting dan Segera
Lampiran : Permohonan Bantuan Dana Pengamanan Pelaksanaan Pilkada Yth. Pimpinan Direksi Perusahaan
Di – Kalimantan Barat.
Salam Sejahtera,
 
Dalam rangka pelaksanaan Pemiihan Kepala Daerah (PILKADA) 2020. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui APBD telah mengalokasikan Anggaran untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada. Dalam NPHD yang sudah ditandatangani untuk peyelenggaraan Pilkada terdapat kekurangan dana dari nilai Anggaran yang sudah disepakati, Maka dengan ini dihimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Kalimantan Barat untuk berpartisipasi dalam pembantuan dana.
 
Hal tersebut akan diteruskan kemasing-masing Pimpinan/Direksi Perusahaan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
 
Menginformasikan rekening donasi ke seluruh pimpinan perusahaan
Bank. : MANDIRI
Nama Rekening : ALINAH
No. Rekening : 122-00-1044213-4
Bantuan yang sudah terealisasi harap dilaporkan kepada Sekretaris Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat beserta bukti pengiriman untuk diarsipkan dan diteruskan kebeberapa bidang pelaksana paling lambat 12 November 2020.
Dana pengiriman dapat dikirim ke Ibu Alinah dengan nomor wa : 082124223600 atau ke info.kalbarpemprov@yahoo.com
Demikian disampaikan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya. Atas bantuan dan partisipasinya diucapkan terima kasih”

 

 
[Cek Fakta] Beredar Surat Gubernur Kalbar Minta Dana Pengamanan Pilkada? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, surat yang mengatasnamakan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji adalah hoaks. Faktanya, surat itu sudah dibantah Gubernur Kalbar Sutarmidji.
 
Sutarmidji menegaskan bahwa surat yang beredar yang telah mengatasnamakan dirinya adalah palsu. "Jelas sekali surat tersebut palsu dan saya yakin itu di scan. Surat tersebut berisikan Permohonan bantuan dana pengamanan pelaksanaan pilkada. Lalu nomor watshappnya palsu dan ini jelas bukan nomor saya,” ujar Sutarmidji kepada awak media seperti dilansir Tribunnews.com, Rabu 11 November 2020.
 
Masih dari sumber yang sama, sutarmidji mengatakan tandatangan dirinya pada surat tersebut juga dipalsukan. Lalu pada surat permohonan tersebut juga tercantum nomor rekening yang atas nama Alinah menggunakan bank Mandiri, dengan nomor rekening 122-00-1044213-4. Ia mengatakan terhadap surat yang mengatasnamakan dirinya saat ini sedang telusuri yang jelas tidak ada surat seperti itu.
 
“Kalau untuk pengamanan Pilkada kita menggunakan APBD. Saya sampaikan kepada masyarakat saya tidak pernah mentoleransi untuk kegiatan -kegiatan resmi pemerintah dengan minta bantuan pengusaha itu tidak pernah,” tegas Sutarmidji.
 

[Cek Fakta] Beredar Surat Gubernur Kalbar Minta Dana Pengamanan Pilkada? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Dari hasil penelusuran, surat yang mengatasnamakan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta bantuan dana pengamanan pelaksanaan pilkada adalah hoaks. Faktanya, surat itu sudah dibantah Gubernur Kalbar Sutarmidji.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Beredar Surat Gubernur Kalbar Minta Dana Pengamanan Pilkada? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/11/sutarmidji-sebut-surat-permohonan-minta-bantuan-dana-pengamanan-pilkada-atas-nama-dirinya-palsu
https://www.suarakalbar.co.id/2020/11/beredar-surat-palsu-atas-nama-pemprov.html
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif