Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Artis FTV Hana Hanifah Joget Tiktok di Kantor BIN? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 16 Juli 2020 16:42
Beredar sebuah video artis FTV yang tengah tersangkut kasus prostistusi online Hana Hanifah tengah joget lewat aplikasi Tik Tok di kantor Badan Intelijen Negara (BIN). Video ini viral di media sosial facebook.
 
Video berdurasi 18 detik itu memperlihatkan Hana Hanifah tengah berjoget dengan tiga orang pria. Di salah satu sudut ruangan terpampang logo BIN.
 
Akun atas nama Ahmad Rustam membagikan video ini pada 16 Juli 2020. Dalam unggahan videonya ia turut memberikan narasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Asyik tiktok Hana hanifah di kantor berlogo BIN
Rusak kabeh wess"
Unggahan video ini mendapatkan respon dari 20 warganet. Serta 12 komentar dan lima kali dibagikan ulang.
 

[Cek Fakta] Video Artis FTV Hana Hanifah Joget Tiktok di Kantor BIN? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa artis FTV Hana Hanifah joget Tik Tok di kantor BIN adalah salah. Faktanya, video tersebut sudah dibantah langsung oleh BIN dan ada pihak duduga sengaja mencatut logo BIN dalam video itu.
 
Dilansir dari Kumparan.com,Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto menegaskan, lembaganya tidak pernah mengundang Hana Hanifah dalam berbagai kegiatan. Ia menambahkan, goyang TikTok itu tidak dilakukan di kantor BIN meskipun ada logo BIN.
 
"Ada pihak yang memasang logo hanya untuk kebanggaan semata, meskipun tidak ada kaitannya dengan BIN. Begitupun dengan akun medsos, ada akun yang mengatasnamakan BIN padahal bukan milik BIN," ujar Wawan dilansir Kumparan.com.
 
Wawan mengakui BIN memang pernah ada kejuaraan menembak. Namun hanya diikuti oleh member maupun utusan instansi lain secara ketat.
 
"Nama Hana Hanifah tidak ada dalam daftar member maupun utusan instansi lain, sehingga tidak bisa masuk baik di tempat latihan maupun di arena kejuaraan tersebut," jelas Wawan.
 

[Cek Fakta] Video Artis FTV Hana Hanifah Joget Tiktok di Kantor BIN? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Detik.com, Wawan menyampaikan bahwa ada pihak-pihak yang sengaja memasang logo BIN tanpa ada sangkut paut dengan BIN.
 
"Semua gambar Hana Hanifah tidak ada yang diambil di BIN, dan BIN tidak pernah berhubungan dengan Hana, apalagi mengundangnya, baik secara formal maupun informal," tegas Wawan.
 

[Cek Fakta] Video Artis FTV Hana Hanifah Joget Tiktok di Kantor BIN? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa artis FTV Hana Hanifah joget Tik Tok di kantor BIN adalah salah. Faktanya, video tersebut sudah dibantah langsung oleh BIN dan ada pihak duduga sengaja mencatut logo BIN dalam video tersebut.
 
Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1.https://archive.md/NVjmP
2.https://news.detik.com/berita/d-5095704/viral-goyang-tiktok-bin-kami-tak-pernah-undang-hana-hanifah
3.https://kumparan.com/kumparannews/penjelasan-bin-soal-viral-video-hana-hanifah-joget-tiktok-di-kantornya-1tobLVeWC5I/full

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif