Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ketua KPU Minta Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Meski Banyak Kecurangan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 08 Juli 2020 14:32
Beredar sebuah tangkapan layar artikel berita berjudul "Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan". Artikel ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook atas nama Zack Loggiss mengunggah tangkapan layar artikel ini pada 8 Juli 2020. Dalam unggahannya ia turut memberikan narasi.
 
"Tetap fokus RUU HIP
#GANYANGPKI"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dalam unggahan tangkapan layar tersebut, dicantumkan foto Ketua KPU Arief Budiman tengah duduk di atas kotak suara berbahan karton. Terdapat narasi di dalamnya yang berbunyi. "INI NAMANYA PELECEHAN DEMOKRASI TERHADAP UUD 45 DAN PANCASILA"
 

[Cek Fakta] Ketua KPU Minta Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Meski Banyak Kecurangan? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari hasil penelsuruan kami, klaim bahwa Ketua KPU imbau masyarakat menerima hasil pemilu walau banyak kecurangan adalah salah. Faktanya, judul artikel berita tersebut telah diedit dari artikel aslinya.
 
Judul asli artikel berita tersebut adalah "Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2019". Artikel ini dimuat di situs Republlika.co.id pada 31 Mei 2019.
 
Dalam artikel tersebut, Ketua KPU Arief Budiman meminta masyarakat untuk menghormati hasil Pemilu 2019. Semua pemimpin yang terpilih lewat pemilu perlu didukung untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang.
 
"Pemilu 2019 sudah kita laksanakan, puasa ramadhan sudah kita tunaikan. Jadi mari sama-sama kita raih kemenangan untuk semua, karena sebetulnya ini kemenangan bersama. Siapa pun yang terpilih, mereka adalah pemimpin kita, mau 01 mau 02, mau partai nomor 1, 2, 3, sampai 20," kata Arief dilansir Republika.co.id.
 

[Cek Fakta] Ketua KPU Minta Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Meski Banyak Kecurangan? Ini Faktanya
 

Tangkapan layar artikel berita ini, adalah berita hoaks yang berulang. Artikel berita hoaks ini sudah disanggah dan dinyatakan berita hoaks oleh situs turnbackhoax.id pada Oktober 2019 lalu.
 
Dalam artikel berujudul "[SALAH] “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan”
 

[Cek Fakta] Ketua KPU Minta Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Meski Banyak Kecurangan? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
klaim bahwa Ketua KPU imbau masyarakat menerima hasil pemilu walau banyak kecurangan adalah salah. Faktanya, judul artikel berita tersebut telah diedit dari artikel aslinya.
 
Informasi ini termasuk jenis hoaks Manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
1.https://turnbackhoax.id/2019/10/09/salah-ketua-kpu-imbau-masyarakat-hormati-hasil-pemilu-walau-banyak-kecurangan/
2.https://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/19/05/31/psd63s409-ketua-kpu-imbau-masyarakat-hormati-hasil-pemilu-2019
3.https://archive.md/Hq344
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

 

(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif