Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Anies Baswedan Resmi jadi Tersangka KPK? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 23 September 2021 09:13
Beredar sebuah narasi bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi ditetapkan sebagai tersangka. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook PAK Aldebaran yang turut mengunggah thumbnail video dengan narasi tersebut, Rabu 22 September 2021. Berikut narasinya:


"RESMI JADI TERSANGKA
ANIES TAK BISA MENGELAK, PENYIDIK KPK TEMUKAN INI."


Aku ini berencana akan memutar video ini pada pukul 20.00 WIB, Kamis 23 September 2021. Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] Anies Baswedan Resmi jadi Tersangka KPK? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian?
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tersangka, tidak berdasar. Faktanya, hingga pukul 09.08 WIB, Kamis 22 September 2021, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Di sisi lain, Anies memenuhi undangan KPK pada Selasa 21 September 2021. Anies diundang sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Jakarta Timur.
 
Anies berada di dalam gedung KPK dari pukul 10.06 WIB sampai pukul 15.16 WIB. Anies mendapatkan 8 pertanyaan dari penyidik seputar pengadaan rumah.

"Ada 8 pertanyaan yang terkait dengan program pengadaan rumah di Jakarta. Pertanyaan menyangkut landasan program dan seputar peraturan-peraturan yang ada di Jakarta," kata Anies seperti dimuat Tribunnews.com, Rabu 22 September 2021.


 
[Cek Fakta] Anies Baswedan Resmi jadi Tersangka KPK? Ini Faktanya
 

Dalam hal ini, Anies dikonfirmasi secara umum antara lain terkait dengan proses usulan anggaran untuk dilakukannya penyertaan modal APBD DKI Jakarta kepada Perumda Sarana Jaya. Di samping itu, juga soal mekanisme pelaporan atas dilakukannya penyertaan modal tersebut.


"Saksi menerangkan mengenai salah satu penyertaan modal kepada Perumda Sarana Jaya yang diperuntukkan bagi pembangunan rumah DP Rp0," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri seperti dimuat Medcom.id, 22 September 2021.


 
[Cek Fakta] Anies Baswedan Resmi jadi Tersangka KPK? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tersangka, tidak berdasar. Faktanya, hingga pukul 09.08 WIB, Kamis 22 September 2021, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Anies Baswedan Resmi jadi Tersangka KPK? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/nasional/hukum/zNPOz2gK-anies-baswedan-jelaskan-program-rumah-dp-rp0-ke-kpk
https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/22/anies-baswedan-diperiksa-kpk-selama-5-jam-soal-pengadaan-tanah-di-munjul-diberi-8-pertanyaan
https://www.facebook.com/BungJokoowi/posts/230597182418661
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif