Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Reuni 212 Digelar di Polda Metro Jaya? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 02 Desember 2020 13:57
Beredar sebuah narasi yang menyebutkan acara Reuni Akbar 212 akan digelar di Polda Metro Jaya. Dalam acara tersebut acara digelar pada 1 Desember 2020.
 
Akun facebook atas nama Putry Calia membagikan narasi ini pada 30 November 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi "ALLAHU AKBAR".
 
Unggahan ini mendapatkan respon dari 778 warganet. Serta 56 komentar dan 21 kali dibagikan ulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Reuni 212 Digelar di Polda Metro Jaya? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim acara Reuni Akbar 212 digelar di Polda Metro Jaya pada 1 Desember 2020 adalah salah. Faktanya, 1 Desember kemarin adalah jadwal pemeriksaan Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya terkait pelanggaran protokol kesehatan saat acar pernikah putrinya yang mengundang kerumunan massa.
 
Dilansir dari Medcom.id, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab absen dari panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Rizieq beralasan sedang beristirahat.
 
"Habib Rizieq Shihab dalam hal ini tidak dapat memenuhi panggilan pihak kepolisian," kata kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 1 Desember 2020.
 
Aziz tak mau kliennya disebut mangkir. Dia mengaku datang mewakili Rizieq mengantarkan surat pemberitahuan ke penyidik Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum.
 
"Saya mohon teman-teman catat ya ini bukan mangkir. Beliau tidak mangkir, beliau hadir diwakili kita tim kuasa hukum," ujar Aziz.
 
Aziz menjelaskan Rizieq baru selesai menjalani perawatan di Rumah Sakit Ummi Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 28 November 2020. Aziz tidak membeberkan penyakit yang diderita Rizieq. Namun, kata dia, Rizieq masih dalam masa pemulihan.
 
[Cek Fakta] Reuni 212 Digelar di Polda Metro Jaya? Ini Faktanya
 
Dilansir Kompas.com, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memastikan bahwa agenda Reuni 212 pada Rabu, 2 Desember 2020 batal digelar sesuai dengan penyataan tertulis Front Pembela Islam (FPI).
 
"Sudah ada surat pernyataan FPI. Mereka sudah sanggupi dan ada pernyataan, dia tidak akan lakukan reuni," kata Dudung.
 
Bahkan, pembatalan acara Reuni 212 juga diperkuat dengan surat imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena melanggar Perda 88/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
Dudung mengatakan, TNI dan Polri siap mengerahkan pasukan untuk menindak tegas apabila pernyataan pembatalan Reuni 212 dilanggar.
 
"Kalau dia langgar, tidak ada cerita, saya dan polisi akan tindak tegas. Tidak bisa semaunya sendiri," katanya.
 
[Cek Fakta] Reuni 212 Digelar di Polda Metro Jaya? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim acara Reuni Akbar 212 digelar di Polda Metro Jaya pada 1 Desember 2020 adalah salah. Faktanya, 1 Desember kemarin jadwal pemeriksaan Rizieq Shihab terkait pelanggaran protokol kesehatan saat acar pernikah putrinya yang mengundang kerumunan massa.
 
Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
[Cek Fakta] Reuni 212 Digelar di Polda Metro Jaya? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.vn/6bnuo
2.https://megapolitan.kompas.com/berita/14243551-jika-reuni-212-tetap-digelar-pangdam-jaya-saya-dan-polisi-akan-tindak?page=all
2.https://www.medcom.id/nasional/hukum/ObzZAOgb-rizieq-shihab-tak-penuhi-panggilan-polisi
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif