Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp
Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Undian Berhadiah Indomie Gratis? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 10 April 2021 11:04
Beredar sebuah pesan berantai undian berhadiah Indomie gratis. Pesan beredar lewat aplikasi whatapp.
 
Dalam pesan berantai tersebut, meminta untuk mengunjungi situs bebebe.id. Dalam situs tersebut, meminta pengunjung untuk mengklik tombol tertentu untuk mendapatkakn hadiahnya.
 
[Cek Fakta] Undian Berhadiah Indomie Gratis? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim undian berhadiah Indomie adalah salah. Faktanya, link pesan berantai tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan. Dilansir cnnindonesia.com, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat terjadi peningkatan penipuan undian berhadiah lima kali lipat pada 2020 dibanding tahun sebelumnya. Modus penipuan ini marak ditemukan pada layanan SMS, aplikasi chatting, maupun media sosial lainnya.
 
Berdasarkan catatan BSSN sepanjang Januari hingga Agustus, terdapat 189.937.542 kasus. Salah satu modus yang paling banyak tercatat adalah 'phising' atau penipuan online.
 
Phising dilakukan dengan memberi korban iming-iming hadiah dengan menyertakan tautan ke sebuah situs web palsu.
 
Situs web ini akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, hingga nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lainnya.
 
Melalui cara tersebut penipu dapat menggiring korban agar bersedia mengklik tautan pencuri data tersebut. Pelaku memberikan iming-iming berbagai hal, salah satunya adalah program undian berhadiah.
 
Tapi tak jarang, di Indonesia tautan itu hanya digunakan untuk meyakinkan pengguna kalau ia memenangkan undian. Lantas pengguna digiring untuk mentransfer sejumlah uang kepada si penipu.
 
Penipu juga melengkapi tautannya semirip dan selengkap mungkin dengan akun resmi yang sudah banyak dikenal, lengkap dengan logo, hingga mencatut nama pejabat publik.
 
Bentuk pelanggaran hukum tersebut merupakan salah satu pelanggaran hukum yang melanggar Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana serta Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2017. Melalui Undang-Undang ini berdampa jeratan pidana penjara bagi pelaku.
 
Berikut beberapa cara yang dapat diperhatikan ketika menerima informasi undian berhadiah:
 
1. Cermati pengirim pesan
Modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi, salah satunya melalui WhatsApp. Cara tersebut dinilai efektif untuk mengntisipasi adalah dengan memperhatikan nomor akun yang menghubungi Anda.
 
2. Perhatikan tautan yang diberikan
Modus 'phising' akan mengarahkan calon korbannya ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web yang asli. Untuk itu, menyamakan dengan situs resmi dari penyelenggara undian dianggap penting untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan Anda.
 
3. Waspadai bentuk permintaan informasi pribadi dan biaya
Pada penyelenggaraan undian berhadiah kebanyakan dilakukan verifikasi data pribadi. Melalui tahap ini, peserta undian rentan terhadap aksi penipuan yang berkedok verifikasi data pribadi, hingga pemungutan biaya sebelum mendapatkan hadiah.
 
4. Hubungi pihak penyelenggara
Menghubungi pihak penyelenggara undian berhadiah dinilai penting untuk segera mengamil tindakan ketika menemukan atau menerima informasi yang meragukan.
 
[Cek Fakta] Undian Berhadiah Indomie Gratis? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim undian berhadiah Indomie adalah salah. Faktanya, link pesan berantai tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Undian Berhadiah Indomie Gratis? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201223135305-185-585662/4-cara-kenali-dan-cegah-penipuan-menang-hadiah-lewat-sms
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif