Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Minyak Goreng Merek Ini Terbuat dari Minyak Babi? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 Oktober 2020 09:15
Beredar kabar di media sosial yang menyebut minyak goreng merek "ASRI" terbuat dari minyak babi. Disebutkan pula, minyak itu produksi perusahaan bernama Leong Hup yang memiliki peternakan babi terbesar di Malaka, Malaysia.
 
Kabar ini menyebar melalui pesan berantai WhatsApp dan media sosial. Akun Facebook Najwa Naila Umrah turut membagikan informasi ini pada Selasa, 20 Oktober 2020. Akun itu mengunggah foto tangkapan layar pesan WhatsApp minyak goreng merk ASRI dengan sebuah paragraf, bertuliskan sebagai berikut:
 
"klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “”ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Aku itu juga menambahkan keterangan pada unggahannya. Bertuliskan sebagai berikut:

"PENTING......!!!!! Jika menemukan minyak goreng, yang bermerk-ASRI" Dipasar2 ato di- TOOKO2/KEOS dimanapun, jngn dibeli,
 
Ini minyaK goreng yang terbuat dari MINYAK BABI,,,"


 
[Cek Fakta] Minyak Goreng Merek Ini Terbuat dari Minyak Babi? Ini Faktanya
 

 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa minyak goreng merek "ASRI" terbuat dari minyak babi adalah hoaks. Faktanya, minyak gorek tersebut masuk dalam daftar produk halal Malaysia.
 
Dilansir situs resmi halal Malaysia halal.gov.my, minyak goreng merk ASRI bukan diproduksi Leong Hup, tapi diproduksi oleh Asri Vegetable Oil Products. Minyak goreng tersebut juga sudah mendapatkan sertifikat halal.
 

[Cek Fakta] Minyak Goreng Merek Ini Terbuat dari Minyak Babi? Ini Faktanya
 

Sementara itu, perusahaan Leong Hup juga terdaftar dalam website portal halal Malaysia. Perusahan itu tidak memproduksi minyak goreng dari minyak babi ataupun memiliki peternakan babi terbesar di Malaka. Perusahaan tersebut memiliki 77 produk olahan ayam. Perusahaan tersebut memiliki peternakan ayam.
 

[Cek Fakta] Minyak Goreng Merek Ini Terbuat dari Minyak Babi? Ini Faktanya
 

 
Kesimpulan:
Klaim bahwa minyak goreng merek "ASRI" produksi Leong Hup terbuat dari minyak babi adalah hoaks. Faktanya, minyak gorek tersebut masuk dalam daftar produk halal Malaysia.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Minyak Goreng Merek Ini Terbuat dari Minyak Babi? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.halal.gov.my/v4/directory/slm_viewdetail.php?comp_code=COMP-20050526-100039&type=C&ty=CO
https://www.halal.gov.my/v4/directory/slm_viewdetail.php?comp_code=COMP-20171214-094438&type=C&ty=CO
https://www.leonghupinternational.com
https://archive.md/frXi1
 

*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini:https://bit.ly/2H42ayb
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif