Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Meskipun Lockdown Malaysia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 21 Juni 2021 10:07
Beredar klaim yang menyebutkan Malaysia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10.000 meskipun sedang memberlakukan lockdown karena meluasnya pandemi covid-19 di negara itu. Klaim itu beredar di media sosial.
 
Akun twitter @habangbangsel membagikan klaim tersebut, 4 Juni 2021. Akun itu mengkomentari cuitan akun lainnya terkait kabar pembatalan haji Indonesia 2021.

"Ngak mungkin!!! Sedangkan Malaysia mendapatkan tambahan 10.000 padahal lagi lock down di negara nya. Ini bukan masalah izin tapi masalah uang haji yg sudah tidak ada" cuit akun @habangbangsel


 
[Cek Fakta] Meskipun <i>Lockdown</i> Malaysia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Malaysia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10.000 meskipun di masa pandemi covid-19 adalah salah. Faktanya, Malaysia mendapatkan kuota haji sebanyak 10.000 nanti saat pandemi covid-19 berakhir. Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas klaim yang sama, dapat dibaca di sini. Klaim serupa sebelumnya beredar melalui media sosial Facebook. Dari hasil penelusuran, klaim tersebut adalah salah.
 
Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi menyatakan otoritas yang berkompeten di Kerajaan Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi apa pun terkait pelaksanaan haji 2021, baik untuk jemaah Indonesia maupun jemaah di dunia. Dubes Essam berharap agar setiap informasi yang berkaitan dengan haji terlebih dahulu dikomunikasikan pada pihak kedutaaan atau otoritas resmi lainnya guna mendapat informasi yang benar dan dapat dipercaya.
 
Malaysia memang mendapat tambahan 10 ribu kuota haji dari pemerintah Arab Saudi. Namun penambahan kuota haji Malaysia ini hanya berlaku saat kondisi ibadah haji sudah pulih seperti sedia kala.
 
"Kita sudah dapat keputusan baik persetujuan apabila keadaan pandemi COVID-19 sudah pulih sepenuhnya, kuota haji ditambah 10 ribu orang dari jumlah yang ada," kata Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassindi seperti lansir Antara, 10 Maret 2021.
 
Tambahan kuota ini diperoleh usai PM Muhyiddin bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, di Istana Yamamah, Riyadh, Arab Saudi.
 

[Cek Fakta] Meskipun <i>Lockdown</i> Malaysia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Malaysia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10.000 meskipun di masa pandemi covid-19 adalah salah. Faktanya, Malaysia mendapatkan kuota haji sebanyak 10.000 nanti saat pandemi covid-19 berakhir.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

 
[Cek Fakta] Meskipun <i>Lockdown</i> Malaysia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji? Ini Faktanya

 

 
Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2m8r6N-cek-fakta-benarkah-malaysia-dapat-tambahan-kuota-haji-tahun-ini-ini-faktanya
https://turnbackhoax.id/2021/06/19/salah-malaysia-dapat-tambahan-10-ribu-kuota-haji-saat-lockdown/
https://archive.md/ZRly3
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif