Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata Dapat Mengurangi Minus? Cek Faktanya

Medcom Files kesehatan mata hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 13 Oktober 2021 13:12
Perasaan air jeruk nipis diklaim dapat mengurangi mata minus. Klaim ini banyak beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Bocah kampung itu membagikan klaim tersebut. Akun ini mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dua orang sedang melakukan uji coba dengan buah lemon. Seorang pria dalam video meneteskan air perasan buah lemon ke mata seorang sukarelawan.
 
"Ini lemon ikan. Lemon yang sering kita pakai untuk masakan, ikan maupun makanan, termasuk jeruk nipis. Ini juga obat, obat mata yang sangat mujarab. Ini akan dipakaikan ke pasien yang ada di sebelah kanan, untuk diteteskan di mata, agar supaya matanya tetap terang, sehat, Dan dijamin dia tidak menggunakan kaca mata." kata pria dalam video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Benarkah Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata Dapat Mengurangi Minus? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa air perasan jeruk nipis dapat mengurangi mata minus adalah salah. Faktanya, klaim ini dibantah ahli.
 
Ketua Kelompok Staf Medis Vitreoretina Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, dr. Grimaldi Ihsan, Sp.M(K) mengatakan klaim meneteskan air jeruk nipis ke mata dapat mengurangi minus pada mata adalah hoaks. Dia menyebut, tindakan tersebut berbahaya dan juga berpotensi menimbulkan infeksi jika air jeruk nipis yang diteteskan ke mata tidak bersih atau terkontaminasi.

"Enggak betul kalau ditetes di mata kita, yang ada bisa bikin iritasi mata," kata Grimaldi seperti dilansir Kompas.com, Senin 11 Oktober 2021.


Menurut Grimaldi, secara umum jeruk nipis memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, namun untuk mengurangi minus pada mata belum ada penelitian yang mendukung. Sampai saat ini belum ada obat atau makanan yang terbukti secara klinis dapat langsung menurunkan mata minus atau gangguan mata lainnya.
 
"Namun untuk mengurangi minus mata belum ada penelitian yang mendukung," kata Grimaldi.
 

Kesimpulan:
klaim bahwa air perasan jeruk nipis dapat mengurangi mata minus adalah salah. Faktanya, klaim ini dibantah ahli.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Benarkah Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata Dapat Mengurangi Minus? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.kompas.com/tren/berita/112800065-bahaya-jangan-teteskan-air-jeruk-nipis-langsung-ke-mata-?page=all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif