Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Jokowi Pamit Mundur ke SBY? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 29 Juli 2021 12:03
Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo pamit mundur sebagai presiden ke Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto beredar di facebook.
 
Akun facebook Mit Fany membagikan foto ini pada 29 Juli 2021. Berikut narasi klaim percakapan foto keduanya.
 
[Cek Fakta] Foto Jokowi Pamit Mundur ke SBY? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Jokowi pamit mundur ke SBY adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah pertemuan SBY dan Jokowi sebellum dilantik menjadi presiden di Nusa Dua Bali 2014 lalu. Foto identik diunggah di situs tribunnews.com pada 27 Agustus 2014. Foto hasil karya jurnalis AFP Sonny Tumbelaka. Saat itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) menggelar jumpa pers usai mengadakan pertemuan di Hotel The Laguna, Nusa Dua, Bali, Rabu, 27 Agustus 2014. Pertemuan tersebut membicarakan berbagai hal menyangkut transisi pemerintahan.
 
[Cek Fakta] Foto Jokowi Pamit Mundur ke SBY? Ini Faktanya
 
Dilansir medcom.id, Presiden Yudhoyono sejak awal mengatakan bahwa dirinya ingin membuat tradisi yang baik. Ia berharap bahwa Presiden yang akan mengakhiri jabatannya bisa menyampaikan hal-hal yang pantas menjadi perhatian Presiden yang akan menggantikannya.
 
Ide ini sangatlah luar biasa karena tidak semua negara demokrasi juga menerapkan model seperti ini. Bahkan tidak jarang ada salah pengertian, sehingga perpindahan tongkat kepemimpinan ditandai oleh kesalahpahaman.
 
Kesimpulan:
Klaim Jokowi pamit mundur ke SBY adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah pertemuan SBY dan Jokowi sebellum dilantik menjadi presiden di Nusa Dua Bali 2014 lalu.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Foto Jokowi Pamit Mundur ke SBY? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/pilar/fokus/4ba0Y1WN-pertemuan-dua-negarawan
2.https://www.tribunnews.com/images/editorial/view/1295761/sby-dan-jokowi-bertemu-di-nusa-dua-bali
3.https://archive.fo/D6eze
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif