Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Trump Menolak Keluar dari Gedung Putih Jika Joe Biden Menang? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 10 November 2020 17:23
Beredar sebuah artikel yang menyebutkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak keluar dari Gedung Putih jika hasil akhir Pilpres AS memenangkan Joe Biden. Artikel ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun Facebook atas nama Sandi Bowo membagikan artikel ini pada 9 November 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

"Kok bisa ya di Amerika ada presiden kayak begini ????
Separah-parah nya pilkada, pemilu di Indonesia nggak sampai Gilak kayak gini"


[Cek Fakta] Trump Menolak Keluar dari Gedung Putih Jika Joe Biden Menang? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Donald Trump menolak keluar dari Gedung Putih adalah salah. Faktanya, Donald Trump hanya menolak mengakui kekalahan di Pilpres AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir dari Merdeka.com, Sampai saat ini capres petahana AS Donald Trump menolak mengakui kekalahan dalam pemilihan presiden. Trump mengatakan Biden terlalu cepat mengaku menang setelah sejumlah stasiun televisi dan media arus utama mendeklarasikan kemenangan Demokrat. Sejumlah media di AS menyebut Biden memenangkan pilpres setelah meraih 284 electoral vote, sementara Trump meraih 214. "Kita semua tahu kenapa Joe Biden bergegas secara keliru mengaku sebagai pemenang, dan mengapa sekutu medianya berusaha keras membantunya: mereka tak mau kebenaran diungkapkan," kata Trump dilansir Merdeka.com.
 
[Cek Fakta] Trump Menolak Keluar dari Gedung Putih Jika Joe Biden Menang? Ini Faktanya
 
Adapun jika Trump menolak keluar dari Gedung Putih, seperti dilansir dari Kompas.comdua purnawirawan tentara AS mengangkat kemungkinan militer AS bisa secara paksa menyingkirkan Trump dari Gedung Putih. Kemungkinan tersebut menyeruak melalui sebuah surat terbuka yang ditujukan kepada jenderal tertinggi AS, Mark Milley, pada Agustus.
 
"Jika Donald Trump menolak untuk meninggalkan jabatan setelah berakhirnya masa jabatan konstitusionalnya, militer AS harus memecatnya dengan paksa, dan Anda harus memberikan perintah itu," kata surat yang diterbitkan di Defense One.
 
Surat tersebut ditulis oleh John Nagl, seorang purnawirawan perwira Angkatan Darat AS, dan Paul Yingling, purnawirawan letnan kolonel Angkatan Darat AS.
 
Tetapi sejumlah pihak menentang langkah tersebut dan mengatakan langkah seperti itu akan lebih baik diserahkan kepada Dinas Rahasia AS. Pasalnya, mengutip prinsip dasar hukum AS, bahwa personel militer harus menghindari masalah penegakan hukum domestik.
 
"Kita memiliki proses konstitusional untuk menangani ini, dan militer tidak ada di dalamnya," kata Kori Schake, Direktur Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan di American Enterprise Institute.
 
Chesney menambahkan jika Trump benar-benar menolak meninggalkan Gedung Putih, pada 20 Januari dia akan menjadi penyusup. "Agen Rahasia akan datang dan mengawal dia keluar," kata Chesney.
 
[Cek Fakta] Trump Menolak Keluar dari Gedung Putih Jika Joe Biden Menang? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Donald Trump menolak keluar dari Gedung Putih adalah salah. Faktanya, Donald Trump hanya menolak mengakui kekalahan di Pilpres AS.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Trump Menolak Keluar dari Gedung Putih Jika Joe Biden Menang? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.merdeka.com/dunia/trump-tolak-akui-kekalahan-sebut-joe-biden-terlalu-cepat-mengaku-menang-pilpres-as.html
2.https://www.kompas.com/global/berita/191228570-jika-trump-menolak-pergi-dari-gedung-putih-bolehkah-militer-as?page=all
3.https://archive.vn/Vjlth
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif