Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] SBY Senang Partainya Menang di Pilpres AS? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 11 November 2020 15:28
Beredar sebuah pernyataan dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait kemenangan calon dari Partai Demokrat Joe Biden di Pilpres Amerika Serikat. SBY senang partainya menang di Pilpres AS.
 
Akun facebook atas nama Kiki Agoes membagikan narasi dengan unggahan kutipan "Istimewa.. bs menang disono". Dalam unggahan tersebut terdapat foto SBY dengan narasi kutipan sebagai berikut.

"Saya sangat bahagia karena partai kita menang di Amerika"


[Cek Fakta] SBY Senang Partainya Menang di Pilpres AS? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim SBY berujar senang partainya menang di Pilpres AS adalah adalah. Faktanya, tidak ada pernyataan SBY terkait kemenangan Joe Biden di Pilpres AS dan tidak ada afiliasi antara Partai Demokrat di AS dan Partai Demokrat di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Adapun pernyataan resmi dari Partai Demokrat terlontar dari Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dilansir dari Liputan6.com, AHY menyampaikan selamat atas terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Hal itu disampaikan AHY melalui akun Twitter @AgusYudhoyono pada Sabtu malam 7 November 2020. "Selamat Amerika atas terpilihnya Presiden baru @Joebiden; yang diusung Partai Demokrat AS. Kemenangan Biden memberikan harapan bagi tatanan dunia baru yang mempersatukan keberagaman dan mengakhiri politik identitas yang membelah umat manusia," tulis AHY.
 
AHY mengaku memantau terus proses penghitungan suara Pilpres AS. Dia menilai, proses penghitungan suara berjalan cukup seru, menegangkan, dan saling kejar-mengejar baik popular votes, maupun electoral votes dari tiap negara bagian.
 
"Saya apresiasi semangat rakyat Amerika utk ikuti pesta demokrasi, meski dlm suasana pandemi Covid-19. Penyelenggaraan Pemilu AS cukup baik & bisa akomodir preferensi pemilih dlm berikan suaranya, baik mll mail-in voting atau in-person voting," tulis AHY.
 

[Cek Fakta] SBY Senang Partainya Menang di Pilpres AS? Ini Faktanya
 
Dilansir CNNIndonesia.com, AHY menilai Pemilu AS memberi semangat bagi masyarakat Indonesia untuk menggelar pesta demokrasi yang baik. Terlebih, pada Desember Indonesia juga akan menggelar pilkada serentak di 270 daerah.
 
Ia lalu berharap hubungan bilateral antara Indonesia-AS bisa terus meningkat, terutama dalam mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19. Termasuk beberapa isu lain seperti HAM, keadilan, demokrasi, agama, perubahan iklim, dan pertahanan.
 
"Semoga kebangkitan Partai Demokrat AS menambah semangat baru bagi kebangkitan Partai Demokrat di Indonesia pada masa kini dan mendatang," tulisnya.
 

[Cek Fakta] SBY Senang Partainya Menang di Pilpres AS? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim SBY berujar senang partainya menang di Pilpres AS adalah adalah. Faktanya, tidak ada pernyataan SBY terkait kemenangan Joe Biden di Pilres AS dan tidak ada afiliasi antara Partai Demokrat di AS dan Partai Demokrat di Indonesia.
 
Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
[Cek Fakta] SBY Senang Partainya Menang di Pilpres AS? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.liputan6.com/news/read/4402821/ahy-ucapkan-selamat-terpilihnya-joe-biden-sebagai-presiden-as
2.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201108210944-32-567387/ahy-anggap-joe-biden-harapan-baru-akhiri-politik-identitas
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif