Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Terjadi Lagi Pembacokan Imam Masjid? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 29 Juli 2021 11:21
Beredar sebuah link artikel dengan narasi terjadi lagi pembacokan imam salat dan akhirnya meninggal. Link itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Sintia rahayu mulia yang turut membagikan link tersebut, 26 Juli 2021. Berikut narasi selengkapnya:


"Innalillahi Terjadi Lagi, Saat Tengah Mengimami Sholat magrib, Imam Masjid Dibacok Orang Tak DIkenal, Meninggal di Saat di Larikan Ke Rumah Sakit."


Akun ini membagikan link ini dalam sebuah grup yang memiliki 45 ribu anggota. Sebanyak 19 akun memberi respons emotikon, dua akun memberi komentar dan 25 akun lainnya membagikan ulang link tersebut.
 

Benarkah itu peristiwa baru-baru ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Terjadi Lagi Pembacokan Imam Masjid? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa peristiwa pembacokan imam salat itu terjadi baru-baru ini, adalah salah. Faktanya, itu peristiwa pada tahun 2020 lalu.
 
Dilansir Merdeka.com, peristiwa itu terjadi di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Tanjung Rancing, Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan pada 11 September 2020. Muhammad Arif (61) yang merupakan korban dinyatakan meninggal pada Senin 14 September 2020.
 
Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman itu dibacok bukan oleh orang tidak dikenal. Tapi dibacok oleh jemaahnya sendiri, Meyudin (49) lantaran kotak amal. Meyudin tersinggung karena tak lagi diberi kewenangan mengurus kotak amal.


"Meyudin telah ditetapkan polisi sebagai tersangka kasus penganiayaan. Tersangka mengakui menaruh dendam kepada korban karena melarangnya mengurus kotak amal masjid. Padahal selama lima tahun menjabat pengurus masjid, dia selalu menangani bidang itu," tulis Merdeka.com dalam laporannya, Senin 14 September 2020.


 
[Cek Fakta] Terjadi Lagi Pembacokan Imam Masjid? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa peristiwa pembacokan imam salat itu terjadi baru-baru ini, adalah salah. Faktanya, itu peristiwa pada tahun 2020 lalu.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Terjadi Lagi Pembacokan Imam Masjid? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.merdeka.com/peristiwa/3-hari-dirawat-usai-dibacok-rekannya-saat-salat-ketua-masjid-di-oki-meninggal-dunia.html
https://archive.md/VFz19
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif