Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Indonesia Batal Berhaji karena Disorot Dunia Pelanggar Prokes Terbesar? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 15 Juni 2021 17:36
Beredar sebuah narasi yang menyebutkan alasan Indonesia dilarang masuk ke Arab Saudi untuk berhaji. Indonesia sebagai negara pelanggar protokol kesehatan terbesar.
 
Akun facebook Viona membagikan informasi ini pada 5 Juni 2021. Berikut narasi yang diunggah.

"SEBAB MUSABABNYA.
Perlu dipahami kesulitannya Pemerintah atau Menteri Agama memberangkatkan Haji. ialah karena Indonesia sebagai pelanggar berat Prokes covid19. Masyarakatnya yg kurang patuh himbauan Pemerintah"


[Cek Fakta] Indonesia Batal Berhaji karena Disorot Dunia Pelanggar Prokes Terbesar? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Indonesia dilarang masuk ke Arab Saudi karena sebagai negara pelanggar protokol kesehatan terbesar adalah salah. Faktanya, Arab Saudi hanya mengizinkan ibadah haji untuk warga lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir medcom.id, Arab Saudi akhirnya mengeluarkan pengumuman terkait ibadah haji tahun ini. Dalam pengumuman resmi dari Kementerian Kesehatan dan Haji Arab Saudi pada Sabtu, 12 Juni 2021, disebutkan bahwa ibadah haji tahun ini terbatas bagi warga lokal dan ekspatriat yang sudah ada di dalam negeri. "Total 60 ribu orang akan diizinkan menjalankan ibadah haji tahun ini," ujar pengumuman tersebut, dilansir dari laman Arab News.
 
Riyadh menekankan bahwa mereka yang hendak mengikuti ibadah haji tahun ini harus terbebas dari segala penyakit kronik, dan berusia di antara 18 dan 65 tahun. Semua yang mengikuti ibadah haji juga sudah harus menjalani vaksinasi sesuai standar kerajaan.
 
Menurut pihak kementerian haji, keputusan terbaru ini didasarkan pada upaya memfasilitasi mereka yang tetap ingin menjalankan ibadah haji di tahun 2021. Namun di waktu bersamaan, "Kerajaan Arab Saudi juga tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan manusia."
 
Ibadah haji tahun ini akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang.
 
Pengumuman haji tersebut dikonfirmasi oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Dubes Agus membenarkan bahwa Arab Saudi hanya membolehkan warga lokal untuk mengikuti ibadah haji 2021.
 
"Tidak ada (warga) internasional," kata Dubes Agus.
 
[Cek Fakta] Indonesia Batal Berhaji karena Disorot Dunia Pelanggar Prokes Terbesar? Ini Faktanya
 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan "indonesia sekarang akan fokus pada persiapan penyelenggaraan haji 1443 Hijriah. Pemerintah Indonesia akan secara aktif dan lebih dini melakukan komunikasi dengan pemerintah Saudi untuk mempersiapkan pelaksanaan haji jika tahun 2022 ibadah haji dibuka kembali".
 
Komisi VIII DPRRI yang membidangi urusan agama pun berharap pengumuman resmi Saudi akan mengakhiri polemik informasi bohong soal penyelenggaraan haji.
 
Tahun ini adalah tahun kedua Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji akibat pandemi Covid-19. Demikian pula Arab Saudi untuk keduakalinya di masa pandemi menutup penyelenggaraan haji bagi jemaah dari luar negeri, negara manapun tanpa terkecuali.
 
[Cek Fakta] Indonesia Batal Berhaji karena Disorot Dunia Pelanggar Prokes Terbesar? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Indonesia dilarang masuk ke Arab Saudi karena sebagai negara pelanggar protokol kesehatan terbesar adalah salah. Faktanya, Arab Saudi hanya mengizinkan ibadah haji untuk warga lokal.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Indonesia Batal Berhaji karena Disorot Dunia Pelanggar Prokes Terbesar? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://www.medcom.id/internasional/timur-tengah-afrika/VNxgMYaK-arab-saudi-umumkan-ibadah-haji-tahun-ini-hanya-untuk-warga-domestik
2.https://video.medcom.id/medcom-internasional/5b2mEMvN-arab-saudi-tutup-jemaah-haji-luar-negeri
3.https://archive.fo/EgHFL
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif