Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta] Dua Bocah Afrika Dihukum dan Dipaksa Bernyanyi Lagu Kebangsaan Tiongkok

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 06 Desember 2019 14:03
Beredar di media sosial sebuah yang memperlihatkan dua anak kecil yang menangis sambil menyanyikan sebuah lagu. Dalam unggahan itu, disebutkan kedua anak kecil itu dihukum dan dipaksa untuk menyanyikan lagu kebangsaan Tiongkok.
 
Akun Facebook Pramiswari ikut membagikan video tersebut pada Minggu, 24 November 2019. Unggahan video itu sudah mendapat 190 reaksi, 92 komentar, dam 72 kali dibagikan. Pemilik akun juga menambahkan narasi bertuliskan:
 
Viral mendunia...

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Mau anak cucu kita kek gini ?? Kedua bocah Afrika ini sedang dihukum dan dipaksa untuk bernyanyi lagu kebangsaan China. ????????
 
Negeri-negeri di Afrika yg telah terjebak utang proyek infrastruktur China,
kini telah resmi dijajah China.

 

[Cek Fakta] Dua Bocah Afrika Dihukum dan Dipaksa Bernyanyi Lagu Kebangsaan Tiongkok
 

Penelusuran:
Berdasarkan penelusuran, informasi bahwa kedua bocah itu disiksa dan dipaksa menyanyikan lagu kebangsaan Tiongkok adalah salah. Melansir situs pemeriksa fakta africacheck.org, kedua anak kecil yang berada dalam video tersebut sedang melakukan pelatihan bela diri.
 
Africa Check bertanya kepada Marco Kavalier, pendiri Pusat Seni Bela Diri dan Kesehatan Tiongkok di Afrika Selatan, tentang video viral anak-anak yang menangis. Kavalier menjelaskan posisi setengah jongkok yang dilakukan kedua anak asal Afrika itu disebut Ma Bu.
 
"Pose tempat mereka berdiri adalah sikap dasar yang disebut Ma Bu, yang diajarkan di sebagian besar sekolah seni bela diri Tiongkok," katanya.
 
Pelatihan kuda-kuda itu dimaksudkan untuk mengajarkan tekad, kesabaran, dan ketahanan otot.
 
“Orang-orang Tiongkok keras pada siswa seni bela diri mereka ketika mengajarkan sistem ini. Mereka mengkondisikan anak-anak mereka sendiri dengan pelatihan ekstrem semacam ini, ”kata Kavalier
 
Sementara itu, lagu yang dinyanyikan kedua anak kecil tersebut juga tidak sama dengan lagu kebangsaan Tiongkok.
 

[Cek Fakta] Dua Bocah Afrika Dihukum dan Dipaksa Bernyanyi Lagu Kebangsaan Tiongkok
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa kedua bocah asal Afrika disiksa dan dipaksa menyanyikan lagu kebangsaan Tiongkok adalah salah. Berita hoaks tersebut masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://africacheck.org/2019/11/29/who-are-these-little-boys-why-are-they-crying-the-hunt-for-a-viral-twitter-video/
https://turnbackhoax.id/2019/12/05/salah-viral-mendunia-dua-bocah-afrika-dihukum-dan-dipaksa-bernyanyi-lagu-kebangsaan-china/
 

Sumber:
https://web.facebook.com/100006882346525/videos/2461949314044456/
 

 

(WAN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif