Tangkapan layar kanal Cek Fakta Medcom.id
Tangkapan layar kanal Cek Fakta Medcom.id

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Kabar-Kabar Bohong Pekan Ini

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia, Wanda Indana, Whisnu Mardiansyah • 05 Juli 2020 07:51
Kabar palsu alias hoaks masih merajalela. Bahkan bisa menembus ruang-ruang. Sekalipun itu ruang beton yang super rahasia dan terbatas. Kerap tanpa disadari sampai dengan sendirinya di hadapan kita.
 
Kabar itu bisa saja hadir dengan wujud baru. Atau modifikasi cerita lama yang pernah dibantah, juga pemaksaan hubungan yang sebenarnya satu sama lain, jalan sendiri-sendiri.
 
Sekuat apapun kita, nyaris tidak bisa menolak kehadirannya yang misterius dan dadakan itu. Tapi kita bisa mengendalikannya. Kita benar-benar bisa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Antara lain melalui kanal Cek Fakta Medcom.id, Anda bisa mengetahuinya mana yang hoaks dan mana yang tidak hoaks. Berikut rangkuman tujuh kabar hoaks dari sejumlah kabar hoaks lainnya dalam sepekan terakhir periode 29 Juni-4 Juli 2020:
1. [Cek Fakta] Pondok Pesantren di Malang Ini tak Punya Foto Bendera Merah Putih? Simak Faktanya
 
Isu bahwa pondok pesantren di Kota Malang, Jawa Timur ini, tidak memiliki foto bendera Merah Putih, adalah salah. Faktanya, sekolah tersebut mengunggah foto bendera Merah Putih dan pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI di akun media sosialnya.
 

2. [Cek Fakta] Timses Anies Baswedan Anggota PKI? Cek Faktanya
 
Klaim seorang pria anggota PKI yang menjadi timses Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah. Pria dalam foto yang beredar adalah Direktur Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Ahmad Izzul Wara. Izzul telah memberikan klarifikasi terkait informasi yang beredar.
 

3. [Cek Fakta] Prabowo Bakal Kena Reshuffle Kabinet? Ini Faktanya
 
Klaim bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal kena reshuffle kabinet adalah salah. Faktanya, reshuffle kabinet sebatas ancaman dari Presiden Joko Widodo, belum ada informasi resmi nama-nama menteri yang bakal dirombak posisinya.
 

4. [Cek Fakta] Tak Pakai Masker Denda Minimal Rp250 Ribu? Ini Faktanya
 
Klaim bahwa siapapun yang tidak menggunakan masker akan didenda minimal Rp250 ribu, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang tidak menerapkan sanksi berupa denda uang.
 

5. [Cek Fakta] Jokowi Mengaku Gagal Memimpin Negara? Cek Faktanya
 
Klaim bahwa Presiden Jokowi mengakui dirinya gagal memimpin negara adalah salah. Judul artikel pada situs wartarakyat.co tidak sesuai dengan isinya. Pada artikel itu, tidak ada pernyataan Jokowi yang mengaku gagal memimpin negara.
 

6. [Cek Fakta] Jokowi dan Megawati Naik Pitam karena Hasto Bongkar Pengusul RUU HIP? Cek Faktanya
 
Klaim pada video bahwa Jokowi dan Megawati naik pitam karena Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membongkar pengusul RUU HIP adalah salah. Video tersebut hasil suntingan pelintiran dari berbagai pemberitaan.
 

7. [Cek Fakta] TNI Tembak Jatuh Pesawat Israel Hoaks, Ini Faktanya
 
Klaim bahwa TNI menembak jatuh pesawat Israel adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah latihan Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 2 Kostrad saat uji tembak rudal RBS-70 MK2.
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif