Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] MUI Keluarkan Label Jokowi Halal Dilengserkan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 08 Juli 2020 13:22
Beredar isu Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan label bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) halal dilengserkan dari jabatannya. Isu ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Arca Karca yang turut mengunggah gambar berisi foto Presiden Jokowi dan label halal dari MUI. Gambar itu bertuliskan "JOKOWI HALAL DILENGSERKAN".
 
Akun ini membuat narasi bahwa pelengseran Jokowi itu sudah diberikan label halal oleh MUI, Selasa 7 Juli 2020. Berikut narasi selengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"*Bismillah Ar Rahman Ar Rahim*
Sudah di labeli oleh MUI .
Siapa yg tdk patuh terhadap MUI maka
HARAM
Tinggal tunggu revolusi berdarah atau mengakui kecurangan secara konstitusional
Dan
Mempertanggung jawabkan semua kerusakan yg di perbuat bersama Gerombolannya serta Bertobat.
Kami di ciptakan hidup baik
untuk nanti Mati dengan jln Selamat.
MUI."
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 202 emotikon, 85 komentar dan 46 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] MUI Keluarkan Label Jokowi Halal Dilengserkan? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan label Presiden Joko Widodo (Jokowi) halal dilengserkan dari jabatannya, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Lagi pula, sertifikasi halal biasanya menyasar pada produk pangan, obat-obatan, kosmetika dan produk lainnya. Sertifikasi ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian status kehalalan, sehingga dapat menenteramkan batin konsumen dalam mengkonsumsinya.
 
"Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang," tulis MUI dalam situsnya, halalmui.org.
 
Kami dari tim cek fakta Medcom.id juga pernah mengulas isu ini melalui artikel berjudul "[Cek Fakta] Jokowi Halal Dilengserkan?". Artikel itu dimuat pada Jumat 27 Desember 2019.
 

[Cek Fakta] MUI Keluarkan Label Jokowi Halal Dilengserkan? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan label Presiden Joko Widodo (Jokowi) halal dilengserkan dari jabatannya, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
https://www.halalmui.org/mui14/main/page/sertifikat-halal-mui
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNAVZAnb-cek-fakta-jokowi-halal-dilengserkan#
https://archive.today/F51xS
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif