Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 17 November 2020 14:10
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dikabarkan kembali menghentikan sementara penerbitan visa umrah untuk calon jemaah umrah asal Indonesia. Informasi itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Usamah Khalid turut membagikan informasi itu pada Senin, 19 November 2020. Akun itu membagikan artikel dari situs freshplant.xyz berjudul "Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia" pada grup diskusi yang beranggotakan 34,7 ribu akun.
 

[Cek Fakta] Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia? Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali menghentikan sementara penerbitan visa umrah untuk calon jemaah umrah asal Indonesia adalah salah. Faktanya, informasi itu dibantah Kementerian Luar Negeri RI. Dilansir situs resmi Kemelu.go.id, Kemenlu merilis pernyataan tekait larangan penerbangan umrah bagi jemaah Indonesia. Tim KJRI Jeddah yang dipimpin Staf Teknis Perhubungan telah melakukan pertemuan dengan Dirjen Angkutan Udara GACA, Mr. Ali Muhammad Rajab beserta stafnya pada 16 November 2020 di Riyadh, Arab Saudi.
 
Dari pertemuan tersebut, diperoleh informasi sebagai berikut:
 
a. GACA (General Authority of Civil Aviation/Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi) beserta instansi terkait lainnya di Arab Saudi terus melakukan evaluasi pelaksanaan penerbangan angkutan umrah, termasuk penerapan dan kepatuhan jemaah terhadap protokol COVID-19 mulai dari persiapan keberangkatan di negara asal hingga kepulangannya.
 
b. GACA hingga saat ini belum mengeluarkan edaran resmi tertulis terkait penangguhan penerbangan yang mengangkut jemaah umrah asal Indonesia. Namun demikian, GACA dalam waktu dekat akan mengeluarkan edaran setelah mempertimbangkan situasi terakhir di lapangan.
 
c. Pemerintah Arab Saudi memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan keselamatan umat Islam.
 
d. Terkait rilis GACA tentang larangan masuk ke Arab Saudi bagi pemegang visa turis, GACA menegaskan bahwa hal itu hanya berlaku bagi pemegang visa turis dari negara-negara yang memiliki perjanjian bebas visa kunjungan wisata dengan Arab Saudi. Indonesia tidak termasuk negara dengan fasilitas bebas visa turis dari Arab Saudi.
 
2. Perwakilan RI Jeddah meminta agar semua pihak terkait pelaksanaan umrah untuk terus memperhatikan dan mengikuti aturan protokol COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.
 
3. Perwakilan RI Jeddah akan terus melakukan komunikasi dengan GACA serta pihak terkait lainnya terkait perkembangan kebijakan penerbangan umrah dari Indonesia.

 

[Cek Fakta] Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali menghentikan sementara penerbitan visa umrah untuk calon jemaah umrah asal Indonesia adalah salah. Informasi itu dibantah Kementerian Luar Negeri RI. Faktanya, larangan itu berlaku untuk negara-negara yang memiliki perjanjian bebas visa kunjungan wisata dengan Arab Saudi. Indonesia tidak termasuk negara dengan fasilitas bebas visa turis dari Arab Saudi.
 

Referensi:
https://kemlu.go.id/jeddah/id/news/9524/press-release-hasil-pertemuan-dengan-gaca-terkait-penerbangan-umrah-asal-indonesia
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif