Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Polisi Tiongkok Ada di Indonesia? Ini Faktanya

Medcom Files Tiongkok hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 23 Januari 2022 11:21
Beredar kabar yang menyebutkan Polisi Tiongkok berada di Indonesia. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Misra Jiwaku membagikan kabar itu pada 19 Januari 2022. Akun itu menunggah sebuah video yang memperlihatkan salah satu dari beberapa anggota polisi berbahasa Mandarin dengan narasi sebagai berikut:

“polisi cina kok di indonesia”


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Polisi Tiongkok Ada di Indonesia? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa adanya Polisi Tiongkok berada di Indonesia adalah salah. Faktanya, seorang polisi dalam video yang beredar adalah polisi Indonesia yang mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin. Tim Cek Fakta Medcom.id sudah memeriksa klaim serupa pada 18 Januari 2022. Video tersebut sering digunakan sebagai bahan hoaks. Video ini sudah beredar beberapa waktu lalu namun diberi narasi keliru. Sebelumnya, video itu dinarasikan bahwa polisi mengubah Pancasila dengan Bahasa Tiongkok.
 
Padahal, video itu sebenarnya memperlihatkan kegiatan Sekolah Bahasa (Sebasa) di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).
 
Sebasa Lemdiklat Polri adalah lembaga pendidikan Polri yang mengajarkan lima bahasa asing bagi seluruh anggota Polri, yakni bahasa Indonesia (bagi siswa Mancanegara), bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Arab dan Jepang.
 
Video identik diunggah di akun Instagram akun instagram @bag_sumda_polresbelitung yang diunggah pada Selasa, 5 November 2019. Akun itu menuliskan keterangan "Eiitttss.. Ini bukan polisi impor lo.. tp polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yg sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa".
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa adanya Polisi Tiongkok berada di Indonesia adalah salah. Faktanya, seorang polisi dalam video yang beredar adalah polisi Indonesia yang mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Polisi Tiongkok Ada di Indonesia? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNGjeQAK-polisi-mengubah-pancasila-dengan-bahasa-tiongkok-ini-faktanya
https://turnbackhoax.id/2022/01/22/salah-video-polisi-cina-kok-di-indonesia/
https://sebasa.lemdiklat.polri.go.id/halaman/detail/tentang-SEBASA
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif