Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Puan dan Jokowi Kabur ke Singapura selama 30 Hari Ke Depan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 15 Oktober 2020 06:26
Beredar narasi bahwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta jajaran kabur ke Singapura selama 30 hari ke depan. Narasi ini beredar di media sosial.


“Puan &jajarannya serta jokowi sudah berada dalam pesawat menuju singapore. mereka kabur lagi.”


Adalah akun facebook Sarifuddin yang turut mengunggah tangkapan layar berisi narasi tersebut, Selasa 13 Oktober 2020. Berikut narasi selengkapnya:


“Puan &jajarannya serta jokowi sudah berada dalam pesawat menuju singapore. mereka kabur lagi. rakyat yg demo hanya akan berantem dgn wercok. korban pasti akan Lebih banyak lagi yg berjatuhan. tp dpr &jokowi tdk akan bisa lengserr. karma mereka sudah terbang ke singapore…untuk 30 hr dgn alasan kerja…mereka bukan kerja tp sedang berlibur. karna indonesia timur sudah di jualnya…mereka sudah cair uang dr para cukong"9 naga…”


Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 93 emotikon, 28 komentar dan 30 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] Puan dan Jokowi Kabur ke Singapura selama 30 Hari Ke Depan? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta jajaran kabur ke Singapura untuk 30 hari ke depan, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Di sisi lain, Presiden Jokowi tetap berada di Indonesia. Pada Senin 12 Oktober 2020, Jokowi terpantau memimpin rapat terbatas untuk membahas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Jokowi terus mendorong peningkatan angka rata-rata kesembuhan pasien, standar pengobatan dan perawatan di tempat isolasi. Jokowi mengapresiasi data per 11 Oktober, rata-rata kasus aktif covid-19 lebih rendah ketimbang rata-rata kasus aktif di dunia.


“Rata-rata kasus aktif Covid di Indonesia ini 19,97 persen. Saya kira bagus karena ini lebih rendah dari rata-rata kasus aktif Covid dunia yang mencapai 22,1 persen," kata Jokowi seperti dilansir Setneg.go.id, Senin 12 Oktober 2020.


[Cek Fakta] Puan dan Jokowi Kabur ke Singapura selama 30 Hari Ke Depan? Ini Faktanya
 

Kemudian, pada Selasa 13 Oktober 2020, Jokowi memimpin rapat terbatas mengenai Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi meminta jajarannya untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan akibat fenomena anomali iklim La Nina, yang diprediksi sebesar 20 hingga 40 persen di atas normal.


“Saya minta untuk disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah sehingga tahu semuanya sebetulnya curah hujan bulanan ke depan ini akan terjadi kenaikan seperti apa,” kata Jokowi seperti dilansir Setneg.go.id, Selasa 13 Oktober 2020.


[Cek Fakta] Puan dan Jokowi Kabur ke Singapura selama 30 Hari Ke Depan? Ini Faktanya
 

Pula terkait Puan Maharani. Tidak ada informasi resmi terkait kepergian Puan ke Singapura, baru-baru ini.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sera jajaran kabur ke Singapura, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Puan dan Jokowi Kabur ke Singapura selama 30 Hari Ke Depan? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_angka_kesembuhan_dan_standar_pengobatan_pasien_covid_19_harus_terus_ditingkatkan
https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_antisipasi_kemungkinan_dampak_fenomena_la_nina
https://archive.md/P0Hjx
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif