Tangkapan layar informasi palsu di pesan berantai WhatsApp
Tangkapan layar informasi palsu di pesan berantai WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Mulai Hari Ini, 22 Jalan Tol Arah Jakarta Ditutup? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 30 Maret 2020 08:05
Beredar sebuah gambar berisi narasi bahwa sebanyak 22 jalan tol arah DKI Jakarta ditutup. Terdiri dari 9 jalan tol arah Tangerang ke Jakarta, 5 jalan tol dari Bogor dan Depok ke Jakarta, 1 jalan tol dari Bandara Soekarno-Hatta, dan 7 jalan tol dari Bekasi ke Jakarta.
 

"Mulai besok ini daftar tol ditutup yaa ..," bunyi narasi yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp.
 
Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Data Tol yg Ditutup Arah DKI Jakarta Arah Tangerang ke Jakarta
1. Tol Bitung
2. Tol Karawaci
3. Tol Tangerang
4. Tol Kunciran
5. Tol Karang Tengah
6. Tol Joglo
7. Tol Cileduk
8. Tol Veteran 1-2
9. Tol Ciputat
 
Arah Depok Bogor ke Jakarta
1. Tol Sawangan
2. Tol Bojong Gede
3. Tol Krukut Interchange
4. Tol Brigif Cibubur
5. Tol GT Cijago
 
Arah Bandara Soetta ke Jakarta
1. Gerbang Tol Utama Sedyatmo
 
Arah Bekasi ke Jakarta
1. Tol Cikarang Utama
2. Tol Cibitung
3. Tol Tambun
4. Tol Bekasi Timur
5. Tol Bekasi Barat
6. Tol Cikunir
7. Tol Pondok Gede Timur

 

[Cek Fakta] Mulai Hari Ini, 22 Jalan Tol Arah Jakarta Ditutup? Ini Faktanya
 

 
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa sebanyak 22 jalan tol arah DKI Jakarta akan ditutup, adalah salah. Narasi ini sudah beredar sejak pekan lalu.
 
Dilansir Kumparan.com, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memastikan informasi tersebut tidak benar. Ia menegaskan belum ada penutupan jalan tol terkait penyebaran virus korona yang kini semakin masif.
 
"Berita penutupan tol di Jakarta adalah hoaks. Jakarta tidak lockdown, hanya bagi masyarakat yang tidak perlu dan sangat perlu berpergian, silahkan tetap di rumah," kata Sambodo seperti dilansir Kumparan.com, Rabu 25 Maret 2020.
 
Pula informasi ini dibantah PT Jasa Marga (Persero), yang mengelola sejumlah ruas tol di wilayah Jabodetabek. PT Jasa Marga menegaskan belum ada penutupan ruas jalan tol sebagai dampak penyebaran virus korona.
 
"Tidak benar. Itu informasi bohong, hoaks," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, seperti dilansir Kompas.com, Senin 30 Maret 2020.
 
Selain itu, Pemerintah merencanakan penutupan arus transportasi ke luar Jakarta. Pasalnya kemungkinan besar, Jakarta akan dikarantina.
 

[Cek Fakta] Mulai Hari Ini, 22 Jalan Tol Arah Jakarta Ditutup? Ini Faktanya
 

Dilansir Medcom.id, kemungkinan ini akan dipastikan dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah kementerian terkait pada Senin 30 Maret 2020. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan, akan menyampaikan rencana ini dalam rapat terbatas.
 
"Jadi karantina ini khusus Jakarta supaya tidak keluar ke daerah tujuan. Karena Jakarta ini kan sudah banyak yang terpapar. Karantina ini juga berlaku bagi semua jalur transportasi. Jadi bukan hanya darat saja, baik kereta api, udara dan laut. Tapi nanti konsep dan skemanya berbeda." kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, seperti dilansir Medcom.id, Minggu 29 Maret 2020.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa sebanyak 22 jalan tol arah Jakarta akan ditutup, adalah salah. Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Satire merupakan konten berunsur parodi atau sarkasme yang dibuat untuk menyindir atau mengkritik pihak tertentu. Satire tidak termasuk konten yang membahayakan, tetapi bisa mengecoh karena sebagian masyarakat menganggap informasi dalam satire sebagai kebenaran.
 
Seperti diketahui muncul desakan dari sejumlah pihak agar pemerintah melakukan lodckdown atau karantina wilayah Jakarta. Mereka berdalih perlu ada langkah memutus rantai penyebaran virus korona, terutama dari Jakarta yang selama ini dikenal sebagai epicentrum penyebaran virus korona.
 

[Cek Fakta] Mulai Hari Ini, 22 Jalan Tol Arah Jakarta Ditutup? Ini Faktanya
 

Referensi:
1.https://kumparan.com/kumparannews/polisi-pastikan-tak-ada-penutupan-jalan-tol-arah-ke-jakarta-imbas-corona-1t5n2SjJkLj
2.https://otomotif.kompas.com/berita/070200315-penutupan-jalan-tol-arah-jakarta-itu-hoaks
3.https://www.medcom.id/otomotif/mobil/ZkeB0zZK-rencana-penutupan-arus-transportasi-ke-luar-jakarta
4.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200329232810-20-488076/epicentrum-corona-dua-kepala-daerah-bogor-minta-dki-lockdown
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif