Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Penampakan UFO Alien? Begini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 13 Januari 2022 15:14
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkansebuah UFO melayang di langit. Pada video, sejumlah orang menyaksikan dan mengabadikan momen itu dengan kamera handphone.
 
Akun Tiktok @UFOradar membagikan video tersebut pada 12 Desember 2021. Pada video juga terlihat seorang pria mendekati dan berinteraksi dengan seorang makhluk dari UFO.
 
Pada video terdapat narasi sebagai berikut:

“Alien UFO above the sky / Multiple witnesses
Small alien land"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Terjemahan:
"UFO alien di atas langit / banyak saksi
Alien kecil mendarat:"

Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Penampakan UFO Alien? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlijhatkan UFO dan alien mendarat adalah salah. Faktanya, video tersebut hasil rekyasa dibuat untuk ilustrasi.
 
Dikutip dari Turnbackhoax.id, video serupa diunggah di kanal Youtube @cyberspace dan menjelaskan bahwa video tersebut hanyalah ilustrasi yang memperagakan tentang kisah penculikan seorang pria yang diculik oleh UFO.
 
"Faktanya, video tersebut bukan merupakan penampakan asli alien melainkan hanya video animasi yang dibuat untuk ilustrasi." tulis Turnbackhoax.id, dalam laporannya.
 

Kesimpulan:
klaim pada video yang beredar memperlijhatkan UFO dan alien mendarat adalah salah. Faktanya, video tersebut hasil rekyasa dibuat untuk ilustrasi.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Penampakan UFO Alien? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=Uf9Grdwcvvs&t=17s
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif