Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Badak Putih Utara Resmi Punah pada 2021? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 21 Juni 2021 14:28
Beredar kabar yang menyebutkan subspesies Badak Putih Utara (Ceratotherium simum cottoni) dinyatakan punah pada 2021. Kabar ini viral melalui berbagai platform media sosial.
 
Akun Facebook Singgih Sidarta turut membagikan foto tersebut pada Rabu, 9 Juni 2021. Akun itu mengunggah tangkapan layar yang memperlihatkan seorang pria berada di samping badak putih yang terkuali lemah.

"Badak putih utara (Ceratotherium simum cottoni) bertahan 55 juta tahun di planet bumi, mengalami dan bertahan dari keganasan jaman es, gempa bumi besar, hantaman meteor, dan saksi hidup perubahan-perubahan di bumi," bunyi narasi pada unggahan tangkapan layar.


 
[Cek Fakta] Benarkah Badak Putih Utara Resmi Punah pada 2021? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Badak Putih Utara dinyatakan punah pada 2021 adalah salah. Faktanya, hingga saat ini tersisa dua ekor badak putih utara yang masih bertahan hidup, keduanya betina. Informasi ini telah diklarifiaksi Ol Pejeta, suaka di Afrika yang menjadi rumah bagi dua badak putih betina terakhir. Melaui cuitan di akun resmi Twitternya, Ol Pejeta menjelaskan badak putih utara dinyatakan punah secara 'fungsional' pada 2018 bukan Juni 2021. Punah secara 'fungsional' adalah jumlah satwa sangat sedikit sehingga tidak lagi berperan penting dalam fungsi ekosistem atau bahwa populasi tidak lagi layak.
 
Nama badak putih utara jantan terakhir bernama Sudan dan meninggal karena termakan usia. Saat ini terdapat dua badak putih utara bernama Najin dan Fatu yang merupakan anak dari Sudan. Keduanya perempuan dan tinggal di konservasi Ol Pejeta, Kenya.

"Kedua badak putih utara yang tersisa tinggal di Ol Pejeta Conservancy di Kenya dan kami dengan senang hati melaporkan bahwa mereka dalam keadaan sehat dan menikmati rumput hijau dan wortel setiap hari," tulis @OlPejeta.


Ada sekelompok ilmuwan dan konservasionis yang telah mengerjakan metode reproduksi bantuan untuk menghidupkan kembali spesies badak putih utara. Ol Pejeta melaporkan sampai dengan 5 Juni 2021, ada 9 embrio badak putih utara murni yang telah dibuat.
 

 
Kesimpulan:
Klaim bahwa Badak Putih Utara dinyatakan punah pada 2021 adalah salah. Faktanya, hingga saat ini tersisa dua ekor badak putih utara yang masih bertahan hidup, keduanya betina.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Benarkah Badak Putih Utara Resmi Punah pada 2021? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/OlPejeta/status/1401126936437571585
https://www.nationalgeographic.com/animals/article/northern-white-rhino-male-sudan-death-extinction-spd
https://www.savetherhino.org/rhino-species/white-rhino/scientists-have-successfully-created-northern-white-rhino-embryos/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif