Foto hoaks hasil olah digital/editan/Medcom.id
Foto hoaks hasil olah digital/editan/Medcom.id

[Hoaks] Cristiano Ronaldo Menyumbang Rp21,7 Miliar untuk Palestina

Medcom Files Cek Fakta
Sobih AW Adnan • 27 November 2019 19:52
Beberapa akun Facebook membagikan artikel dari situs maklumatnews.com dengan judul "Demi Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar". Artikel yang diunggah pada 22 Mei 2019 itu mengabarkan mega bintang sepakbola asal Portugal, Cristiano Ronaldo menyumbangkan sebagian hartanya untuk masyarakat Palestina sejak 2012 lalu.
 
Diberitakan, Ronaldo menyumbangkan USD1,5 juta atau sekitar Rp21,7 miliar untuk Palestina. Berikut narasi lengkapnya:
 
MAKLUMATEWS.com –– Bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo telah menyumbangkan US$ 1,5 juta (setara Rp 21,7 miliar) kepada Palestina dalam upaya untuk meringankan penderitaan orang-orang di Jalur Gaza yang diblokade.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dia mengalokasikan dana untuk Palestina selama bulan suci Ramadan, demikian seperti dilansir Press TV Iran, Selasa, 21Mei 2019, yang dikutip MAKLUMATNEWS.com dari Liputan6.com. Pemain sepak bola itu, dalam beberapa kesempatan, mengecam kekejaman Israel terhadap Palestina.
 
Kembali pada tahun 2012, Ronaldo telah melelang Golden Boots-nya, penghargaan bergengsi yang diberikan kepada striker terbaik Eropa sepanjang musim, untuk mengumpulkan dana yang kemudian disumbangkan untuk anak-anak Palestina.
 
Tahun berikutnya, pada Maret 2013, di akhir pertandingan antara Portugal dan Israel untuk kualifikasi Piala Dunia 2014, Ronaldo menolak untuk bertukar bajunya dengan pemain Israel.
 
[Hoaks] Cristiano Ronaldo Menyumbang Rp21,7 Miliar untuk Palestina

 
Penelusuran:
Setelah ditelusuri, ditemukan beberapa artikel bantahan terhadap klaim Cristiano Ronaldo menyumbangkan uangnya untuk Palestina saat Ramadan.
 
Pada 28 Mei 2019, AFP menerbitkan klarifikasi dari manajemen Ronaldo atas klaim tersebut.
 
"Itu keliru, sama seperti cerita lain yang dipublikasikan tentang Cristiano Ronaldo," ujar Gestifute, perusahaan manajemen pemain sepak bola, termasuk Cristiano Ronaldo, kepada AFP.
 
Penjelasan dari Gestifute juga dimuatAssociated Press. Menurut juru bicara Gestifute, klaim Cristiano Ronaldo menyumbangkan uangnya untuk Palestina saat Ramadan merupakan kabar yang keliru.
 
"Dia mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo sering menjadi subyek laporan palsu yang serupa," tulis Associated Press melalui artikelnya pada 25 Mei 2019.
 
Menurut Associated Press, situs berita olahraga 9sportpro juga menurunkan artikel itu. Situs tersebut mengklaim bahwa artikel tersebut diambil dari Infoshqipmedia. Dari situs-situs inilah, informasi palsu mengenai Cristiano Ronaldo yang menyumbang Palestina terus beredar hingga sekarang.
 
Sementara foto artikel yang digunakan maklumatnews.com terlihat Cristiano Ronaldo memegang bingkai bertuliskan kalimat tauhid. Foto tersebut merupakan hasil olah digital dari pose Ronaldo yang tengah menerima pigura berisi foto dirinya dalam sebuah pertandingan.
 
[Hoaks] Cristiano Ronaldo Menyumbang Rp21,7 Miliar untuk Palestina
 

[Hoaks] Cristiano Ronaldo Menyumbang Rp21,7 Miliar untuk Palestina
 
Menurut situs media Italia Gazeta Press, foto yang ada dalam pigura itu adalah momen ketika Ronaldo pertama kali memakai ban kapten tim nasional Portugal. Saat itu, Portugal tengah melawan Brasil dalam pertandingan persahabatan pada 2006.
 
Liputan6.com yang turut dicatut dalam artikel tersebut telah menurunkan berita klarifikasi berjudul "Kabar Ronaldo Beri Donasi untuk Palestina Saat Ramadan Ternyata Hoaks" dan sudah diunggah sejak 6 Juni 2019 lalu.
 
Kesimpulan:
Klaim yang menyebut bintang sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo telah menyumbangkan USD1,5 juta atau sekitar Rp21,7 miliar untuk Palestina saat Ramadan merupakan informasi yang keliru. Sementara foto yang digunakan dalam artikel tersebut merupakan gambar editan.
 
Disinformasi ini masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.
 
Referensi:
- https://factcheck.afp.com/no-ronaldo-did-not-donate-15-million-palestinians-gaza-ramadan?fbclid=IwAR1lfNNmw0qaM8kTPcfjyXZs6MO-_bypERuAW07H9iaNY2jz9-M9mdvJQAE
 
- https://apnews.com/afs:Content:5223040944
 
- https://www.gazetapress.com/pauta/39207/cristiano_ronaldo
 
- https://turnbackhoax.id/2019/11/26/salah-demi-palestina-cristiano-ronaldo-sumbang-rp-217-miliar/
 
-- https://www.liputan6.com/global/read/3995498/kabar-ronaldo-beri-donasi-untuk-palestina-saat-ramadan-ternyata-hoaks
 
Sumber:
- https://maklumatnews.com/2019/05/22/demi-palestina-cristiano-ronaldo-sumbang-rp-217-miliar/?fbclid=IwAR0IKdwC8kArpUOUz06zjXLYl7ZfVq6kaQcnxP3FX9uf_quOrmTISTBLA3U

 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif