Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Pemerintah Uni Emirat Arab Ubah Gelar Jokowi di Nama Jalan ? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 23 Oktober 2020 15:13
Beredar sebuah tangkapan layar yang mempertanyakan nama Jalan Presiden Joko Widodo yang beru saja diresmikan di Uni Emirat Arab. Dalam tulisan jalan tersebut tertulis St di belakang nama Presiden Joko Widodo.
 
Akun Facebook atas nama Okas Bin Hasan membagikan foto ini pada 23 Oktober 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

"Joko Widodo itu kan lulusan Kehutanan UGM, gelarnya Insinyur. Itu kok ditulis ST sih? Emangnya pak Jokowi ambil jurusan teknik, apa..!! Klo mau, tulis S.Hut lah, masih mending. Ini gimana sih pemerintah Uni Emirat Arab?!"


[Cek Fakta] Pemerintah Uni Emirat Arab Ubah Gelar Jokowi di Nama Jalan ? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta Medcom.id, klaim Pemerintah Uni Emirat Arab mengubah gelar Presiden Joko Widodo adalah salah. Faktanya, tulisanSt dalam papan nama tersebut adalah Street (St) atau bermakna Jalan yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir dari Medcom.id, Nama Presiden RI Jokowi diabadikan dalam sebuah nama jalan di Abu Dhabi. Acara peresmian itu dilakukan pada Senin, 19 Oktober 2020, oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office. Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim mengatakan, kegiatan peresmian nama jalan itu turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA). Turut hadir pula sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality. Nur mengatakan, penamaan Jalan Presiden Jokowi ini merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA.
 
Jalan President Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dan Embassy Area. Jalan ini berada di kawasan sejumlah kantor perwakilan diplomatik. Penamaan Jalan President Joko Widodo ini disebut merefleksikan hubungan erat antarpemerintah Indonesia dengan UEA.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Uni Emirat Arab Ubah Gelar Jokowi di Nama Jalan ? Ini Faktanya
 
Masih dari Medcom.id, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah UEA.
"Ini tentu bentuk penghargaan dan penghormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, melainkan untuk Indonesia," ujar Jokowi melalui akun Instagramnya, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Jokowi menuturkan hal ini menunjukkan eratnya hubungan bilateral kedua negara. Kepala Negara menyebut di balik penamaan jalan itu tersirat harapan agar jalinan kemitraan antara Indonesia dan UEA semakin kokoh.
 
"Dan saling menguatkan di masa depan," tutur Jokowi.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Uni Emirat Arab Ubah Gelar Jokowi di Nama Jalan ? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Pemerintah Uni Emirat Arab mengubah gelar Presiden Joko Widodo adalah salah. Faktanya, St dalam papan nama tersebut adalah Street (St) atau bermakna Jalan yang ditulis dalam Bahasa Inggris.
 
Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
[Cek Fakta] Pemerintah Uni Emirat Arab Ubah Gelar Jokowi di Nama Jalan ? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/politik/4KZzg6WK-jadi-nama-jalan-di-uni-emirat-arab-jokowi-ini-untuk-indonesia
2.https://www.medcom.id/foto/internasional/ybDVqjRK-nama-presiden-jokowi-diabadikan-jadi-nama-jalan-di-abu-dhabi
3.https://archive.vn/UPTLC
 

Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

[Cek Fakta] Pemerintah Uni Emirat Arab Ubah Gelar Jokowi di Nama Jalan ? Ini Faktanya
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif