Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Copot Mahfud MD? Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 01 Desember 2020 18:41
Beredar kabar Presiden Jokowi memecat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Kanal Youtube RADAR POLITIK membagikan kabar itu dengan mengunggah sebuah video berjudul "BERITA TERBARU HARI INI ~ JOKOWI COPOT MAHFUD MD". Video yang sudah ditonton 367,555 kali (per 1 Desember 2020), diunggah pada 19 November 2020.
 
Benarkah kabar yang menyebutkan Jokowi memecat Mahfud MD? Berikut cek faktanya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Jokowi Copot Mahfud MD? Ini Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Jokowi mencopot Mahfud MD adalah salah. Faktanya, video itu sama sekali tidak memuat pernyataan Jokowi yang menyatakan akan atau telah mencopot Menko Polhukam Mahfud MD.
 
Narasi dari video Kanal Youtube RADAR POLITIK berasal dari tiga artikel media daring. Narasi pertama berawal dari artikel Rmoljatim.id berjudul "Presiden Jokowi Tidak Akan Rugi Jika Memecat Mahfud MD" dimuat Rabu, 18 November 2020. Artikel itu berisi opini Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO).
 
Menurut Dedi, Mahfud MD belakangan mengesankan adanya disparitas. Yakni, ramah kepada Gibran Rakabuming Raka yang kedapatan melakukan agenda kerumunan masyarakat di Solo, namun sensitif terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Rizieq Shihab. "Meskipun kedua kelompok tetap salah karena melanggar protokol kesehatan," kata Dedi.
 
Kemudian, narator dalam video itu membacakan dua artikel dari Viva.co.id, yakni berjudul "Marah ke Bawahannya yang Lamban, Jokowi: Terus Ngerjainnya Kapan?" dan artikel berjudul "Ingin RI Jadi Negara Kaya, Sri Mulyani: Jawabannya Omnibus Law" yang masing-masing dimuat pada Rabu, 18 November 2020.
 
Di dalam ketiga artikel tersebut, tidak ditemukan pernyataan Jokowi yang menyatakan akan atau telah mencopot Mahfud MD.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredare bahwa Jokowi mencopot Mahfud MD adalah salah. Faktanya, video itu sama sekali tidak memuat pernyataan Jokowi yang menyatakan akan atau telah mencopot Mahfud MD.
 
Informasi inin jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Jokowi Copot Mahfud MD? Ini Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.rmoljatim.id/2020/11/18/presiden-jokowi-tidak-akan-rugi-jika-memecat-mahfud-md
https://www.viva.co.id/berita/nasional/1323363-marah-ke-bawahannya-yang-lamban-jokowi-terus-ngerjainnya-kapan?page=all&utm_medium=all-page
https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1323253-ingin-ri-jadi-negara-kaya-sri-mulyani-jawabannya-omnibus-law
https://archive.md/wip/Jj0G8
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif