Tangkapan layar informasi palsu yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu yang beredar di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Gubernur Edy Tutup Semua Akses Sebuah Pesantren dan Sekap Sejumlah Guru? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 14 Oktober 2020 06:06
Beredar narasi bahwa Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menutup semua akses sebuah pesantren di Deli Serdang, Sumut dan menyekap sejumlah guru pesantren tersebut. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Opini Nasional yang turut mengunggah narasi tersebut, Rabu 7 Oktober 2020. Berikut narasi selengkapnya:


“Ternyata diam2 Edy Rahmayadi menutup Pesantren milik Yayasan Maratua Simanjuntak di Deli Serdang. Edy menutup semua akses pesantren, Siswa2 dilarang belajar lagi, Guru2 disekap dalam sebuah kamar terpisah!
Antek Komunis sudah muncul ??? Waspadalah !.”


Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 678 emotikon, 105 komentar dan 12 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] Gubernur Edy Tutup Semua Akses Sebuah Pesantren dan Sekap Sejumlah Guru? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menutup semua akses sebuah pesantren di Deli Serdang, Sumut dan menyekap sejumlah guru pesantren tersebut, adalah salah. Faktanya, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membantah isu tersebut.


“STOP sebar berita bohong/hoax!!!
Mari lebih bijak dalam menyaring dan menyebarkan informasi di sosial media.
Ayo Sebarkan Berita Kebaikan,” tulis Humas Pemprov Sumut dalam akun facebook bercentang biru, Jumat 9 Oktober 2020.


Humas Pemprov membagikan tangkapan layar unggahan, yang memuat klaim tersebut. Humas Pemprov memberi label hoaks pada tangkapan layar itu. Pula Humas Pemprov Sumut membagikan tangkapan layar sebuah unggahan lainnya. Pada unggahan itu terdapat kesaksian salah satu wali santri bahwa informasi penutupan pesantren tersebut adalah hoaks.

“Ini adalah FITNAH terhadap pesantren dan Gubernur Sumut. Aktivitas pesantren masih berlangsung dengan baik. Protokol kesehatan sangat ketat dilakukan oleh pihak pesantren,” seperti yang tertulis pada tangkapan layar tersebut.


[Cek Fakta] Gubernur Edy Tutup Semua Akses Sebuah Pesantren dan Sekap Sejumlah Guru? Ini Faktanya
 

 
Kesimpulan:
Klaim bahwa Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menutup semua akses sebuah pesantren di Deli Serdang, Sumut dan menyekap sejumlah guru pesantren tersebut, adalah salah. Faktanya, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membantah isu tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenisfabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Gubernur Edy Tutup Semua Akses Sebuah Pesantren dan Sekap Sejumlah Guru? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.facebook.com/birohumasdankeprotokolan/posts/4497492096990621
https://archive.md/Ehmw6
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif