Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Tes PCR Tidak Mampu Membedakan Virus Covid-19 dan Influenza? Ini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta covid-19 kabar hoaks tes PCR Hoaks Covid-19
Wanda Indana • 13 Januari 2022 11:05
Beredar kabar yang menyebutkan tes PCR tidak dapat membedakan antara virus korona baru (SARS-CoV-2) dan influenza. Kabar ini beredar di media sosial.
 
Akun Twitter Trevor Lee(@trevorblee) membagikan klaim ini pada 29 Desember 2021. Pada unggahannya, akun itu meyebut bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengakui hal itu.
 
"The CDC is withdrawing the COVID PCR Test (from 12/31/21) and the MSM is not making this front page news?
The CDC has finally admitted that the PCR test cannot even differentiate between SARS-CoV-2 and influenza viruses."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Terjemahan: "CDC menarik Tes PCR COVID (dari 31/12/21) dan LSL tidak membuat berita halaman depan ini?
CDC akhirnya mengakui bahwa tes PCR bahkan tidak dapat membedakan antara virus SARS-CoV-2 dan influenza."

 

Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Tes PCR Tidak Mampu Membedakan Virus Covid-19 dan Influenza? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa tes PCR tidak dapat membedakan antara virus korona dan influenza adalah salah. Faktanya, CDC mendorong pengujian covid-19 dengan metode baru yakni Multiplex Assay yang lebih efektif.
 
Dilansir Reuters, klaim ini berawal dari laporan laboratorium yang diunggah oleh Division of Laboratory System CDC pada 21 Juli 2021. Dalam laporan itu CDC akan menghapus tes PCR dan menggantikannya dengan CDC Influenza SARS-Cov-2 (Flu SC2) Multiplex Assay pasca 31 Desember 2021.
 
Pergantian metode tes tersebut bukan berarti tes PCR gagal membedakan virus SARS-CoV-2 dan influenza, melainkan karena metode tes yang baru akan lebih efektif dalam mendeteksi kedua virus tersebut.
 
Juru Bicara CDC Jasmine Reed menjelaskan, permintaan akan tes PCR semakin menurun seiring munculnya tes lain yang lebih canggih. Maka dari itu, CDC merokemendasikan seluruh dunia untuk mengadopsi CDC Influenza SARS-Cov-2 (Flu SC2) Multiplex Assay yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dari segi waktu dan sumber daya untuk mendeteksi virus baik SARS-Cov-2 dan influenza.
 
“CDC mendorong laboratorium kesehatan masyarakat untuk mengadopsi CDC Influenza SARS-CoV-2 (Flu SC2) Multiplex Assay untuk memungkinkan pengawasan lanjutan untuk influenza dan SARS-CoV-2, yang akan menghemat waktu dan sumber daya,” kata Reed.
 

[Cek Fakta] Tes PCR Tidak Mampu Membedakan Virus Covid-19 dan Influenza? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa tes PCR tidak dapat membedakan antara virus korona dan influenza adalah salah. Faktanya, CDC mendorong pengujian covid-19 dengan metode baru yakni Multiplex Assay yang lebih efektif.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Tes PCR Tidak Mampu Membedakan Virus Covid-19 dan Influenza? Ini Faktanya
 

Referensi:
-https://www.reuters.com/article/factcheck-covid19-pcr-test-idUSL1N2P42U5
-https://turnbackhoax.id/2022/01/10/salah-cdc-mengumumkan-tes-pcr-tidak-mampu-membedakan-virus-sars-cov-2-dan-influenza/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif